M. ELPIKA, IKIP and Musa,, S.Pd, M.Pd and Muchtadi,, M.Pd (2015) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPATKELAS VII SMP NEGERI 01 SUNGAI LAURKABUPATEN KETAPANG. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Download (100kB)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (174kB)
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (275kB)
BAB III.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Download (343kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (270kB)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (100kB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa
Menggunakan Pendekatan KonstruktivismePada Materi Segitiga dan Segiempat Kelas VII SMP
Negeri 01 Sungai Laur Kabupaten Ketapang” yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan
hasil belajar siswa pada materi segitiga dan segiempat. Masalah umum dalam penelitian ini
adalah Bagaimanakah Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan
Pendekatan KonstruktivismePada Materi Segitiga dan Segiempat Kelas VII SMP Negeri 01
Sungai Laur Kabupaten Ketapang. Adapun sub-sub masalahnya adalah : 1) Bagaimanakah
proses pembelajaran menggunakan pendekatan Konstruktivismepada materi segitiga dan
segiempat kelas VII SMP Negeri 01 Sungai Laur Kabupaten Ketapang ?, 2) Apakah penggunaan
pendekatan Konstruktivismepada materi segitiga dan segiempat kelas VII SMP Negeri 01 Sungai
Laur Kabupaten Ketapang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa ?, 3) Apakah penggunaan
pendekatan Konstruktivismepada materi segitiga dan segiempat kelas VII SMP Negeri 01 Sungai
Laur Kabupaten Ketapang dapat meningkatkan hasil belajar siswa ?
Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah jika pendekatan Konstruktivisme diterapkan
sesuai dengan perencanaan, maka proses pembelajaran terlaksana dengan baik serta motivasi dan
hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 01 Sungai Laur Kabupaten Ketapang akan meningkat.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus
terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa
kelas VII-C SMP Negeri 01 Sungai Laur Kabupaten Ketapang tahun pelajaran 2014/2015 yang
berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan berupa soal tes dan angket. Indikator
keberhasilan pada penelitian ini adalah: 1) Proses Pembelajaran dikatakan berhasil jika apa yang
telah direncanakan terlaksana 70% - 100% disetiap siklus, 2) Rata-rata kategori motivasi siswa
tergolong sedang atau tinggi dan 3) Siswa memperoleh nilai 65,0 untuk tuntas secara individu
(KKM = 65,0) dan terdapat 70% siswa memperoleh nilai 65,0 untuk tuntas klasikal
menggunakan pendekatan pembelajaran Konstruktivisme.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 21 Apr 2016 03:07 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 03:07 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/67 |