NURMINAH, NURMINAH and HANDY, DARMAWAN, ST, M.Pd and RAHMAN, HARYADI, M.Pd (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP PUTRA KHATULISTIWA PONTIANAK. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
COVER SKRIPSI.pdf
Download (140kB)
ABSTRAK.pdf
Download (10kB)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (223kB)
BAB II.pdf
Download (336kB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (353kB)
BAB IV.pdf
Download (309kB)
BAB V.pdf
Download (87kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (218kB)
Abstract
Penelitianinibertujuanuntuk memperoleh informasi tentang bagaimana pengaruh model pembelajaran PBLterhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar kelas VII SMP Putra Khatulistiwa Pontianak.Adapun tujuan khusus dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi: 1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum diterapkan model pembelajaran PBLpada materi operasi hitung bentuk aljabar kelas VII SMP Putra Khatulistiwa Pontianak. 2)kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran PBLpada materi operasi hitung bentuk aljabar kelas VII SMP Putra Khatulistiwa Pontianak. 3)perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum dan setelah digunakan model pembelajaran PBLpada materi operasi hitung bentuk aljabar kelas VII SMP Putra Khatulistiwa Pontianak.4) seberapa besar pengaruh model pembelajaran PBLterhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar kelas VII SMP Putra Khatulistiwa Pontianak.
Jenis penelitian ini adalah eksperimendenganbentukpenelitianPre-Experimental Design dan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Putra Khatulistiwa Pontianak yang terdiri dari satu kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang dipilih dengan menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengukuran. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes uraian. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan rumus rataan (mean) dan menggunakan statistik inferensial dengan langkah pertama melakukan uji normalitas dengan chi-kuadrat, karena data berdistribusi normal dilanjutkan dengan uji-t. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa data diuji menggunakan effect size.
Hasil analisis secara umum dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar kelas VII SMP Putra Khatulistiwa. Adapun hasil dari rumusan sub masalah penelitian diperoleh kesimpulan :1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum diterapkan model pembelajaran PBLpada materi operasi hitung bentuk aljabar kelas VII SMP Putra Khatulistiwa Pontianak diperoleh nilai rata-rata sebesar 36,67 dengan kriteria kurang. 2) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran PBLpada materi operasi hitung bentuk aljabar kelas VII SMP Putra Khatulistiwa Pontianak diperoleh nilai rata-rata sebesar 75,00 dengan kriteria baik. 3) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum dan setelah digunakan model pembelajaran PBLpada materi operasi hitung bentuk aljabar kelas VII SMP Putra Khatulistiwa Pontianak. 4) Pengaruh model pembelajaran PBLterhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar kelas VII SMP Putra Khatulistiwa Pontianakdiperoleh sebesar 3,37 dengan kriteria tinggi yang dihitung menggunakan effect size.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | IKIP PGRI Pontianak |
Date Deposited: | 26 Feb 2019 01:36 |
Last Modified: | 26 Feb 2019 01:36 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/572 |