LORENTIUS, GIOPARDI OGUH and SUHERDIYANTO, SUHERDIYANTO, M.Pd and RINA, RINA, M.Pd (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI SMA KARYA PARINDU KABUPATEN SANGGAU. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf
Download (30kB)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (31kB)
BAB II.pdf
Download (128kB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (217kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (162kB)
BAB V.pdf
Download (29kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (12kB)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give
Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Karya Kasih
Parindu Kabupaten Sanggau”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1.
Bagaimanakah rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan model
pembelajarn Take and Give pada mata pelajaran Geografi di kelas XI SMA Karya
Kasih Parindu Kabupaten Sanggau? 2. Bagaimanakah rata-rata hasil belajar siswa
kelas kontrol dengan model konvensional pada mata pelajaran Geografi di kelas
XI SMA Karya Kasih Parindu Kabupaten Sanggau? 3. Apakah terdapat perbedaan
yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata
pelajaran Geografi di kelas XI SMA Karya Kasih Parindu Kabupaten Sanggau? 4.
Seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran Take and Give
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di kelas XI SMA Karya
Kasih Parindu Kabupaten Sanggau?
Dalam penelitian ini terdapat dua variabel. Adapun variabel dalam
penelitian ini adalah (a) variabel bebas (independen) (b) variabel terikat
(dependen). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
eksperimen dengan bentuk penelitian Quasi Experimental Design. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengukuran, studi
dokumentasi, alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar
dan dokumetasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS
yang terdiri dari tiga kelas yaitu XI IPS 1, XI IPS2 dan XI IPS. Sampel dalam
penelitian ini adalah kelas XI IPS1 sebagai kelas kontrol dan XI IPS 2 sebagai
kelas eksperimen yang berjumlah 66 siswa. Alat pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa (piliha ganda) yang
terdiri dari 40 soal.
Berdasarkan hasil yang diperoleh melalui pengolahan data analisis, maka
dapat disimpulkan secara umum bahwa terdapat pengaruh model pembelajaraan
Take and Give terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaraan Geografi di kelas
XI SMA Karya Kasih Parindu. Adapun kesimpulan sebagai berikut: 1) Rata-rata
hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan model pembelajaran Take and Give
pada mata pelajarn Geografi di kelas XI SMA Karya Kasih Parindu berdasarkan
hasil pengolahan data rata-rata hasil bekajar siswa kelas kontrol tergolong
“Cukup” yaitu sebesar 61,56. 2) Rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol dengan
model konvensional pada mata pelajaran Geografi di kelas XI SMA Karya Kasih
Parindu berdasarkan hasil pengolahan data rata-rata hasil belajar siswa kelas
eksperimen tergolong “Baik” yaitu sebesar 70,88. 3) Terdapat perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata
pelajaran Geografi di kelas XI SMA Karya Kasih parindu yang dihitung dengan
metode chi kuadrat diperoleh nilai X2hitung = 7,26 ≤ X2tabel = 7,81 pada kelas
eksperimen dan diperoleh nilai X2hitung = 3,65≤ X2tabel = 5,99 pada kelas kontrol.
4) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran Take and Give terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di kelas XI SMA Karya Kasih parindu
berdasarkan hasil pengolahaan data menggunakaan effect size diperoleh nilai
effect size sebesar 1,35 dengan kategori tergolong “tinggi”
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | IKIP PGRI Pontianak |
Date Deposited: | 28 Jan 2019 04:25 |
Last Modified: | 28 Jan 2019 04:25 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/535 |