Search for collections on digilib

UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA MATERI BIOSFER DI KELAS XI SMA NEGERI I SELAKAU KABUPATEN SAMBAS

ASIH, ADHIATI (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA MATERI BIOSFER DI KELAS XI SMA NEGERI I SELAKAU KABUPATEN SAMBAS. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Accepted Version

Download (158kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.PDF - Accepted Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.PDF - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.PDF - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.PDF - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.PDF - Accepted Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.PDF - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Keaktifan belajar siswa sangat diperlukan dalam pembelajaran seperti
pembelajaran geografi, karena dalam pembelajaran Geografi Peserta didik didorong
untuk memahami aspek dan proses fisik, karakteristik dan persebaran spesial ekologis di
permukaan bumi. Sehingga Selain itu peserta didik dimotivasi secara aktif dan kreatif
untuk menelaah bahwa kebudayaan dan pengalaman mempengaruhi persepsi manusia
tentang tempat dan wilayah. Pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang diperoleh
dalam mata pelajaran Geografi diharapkan dapat membangun kemampuan peserta didik
untuk bersikap, bertindak cerdas, arif, berpikir kritis dan bertanggungjawab dalam
menghadapi masalah sosial, ekonomi, dan ekologi. Tetapi permasalahan yang terdapat di
lapangan ditemukan berbagai hal-hal yang menggangu proses pembelajaran yaitu siswa
kurang aktif pada saat proses pembelajaran, siswa keluar masuk selama proses
pembelajaran, dan siswa kurang bersemangat dalam KBM serta siswa ribut saat proses
pembelajaran. Proses pembelajaran pada hakekatnya untuk mengembangkan aktivitas dan
kreativitas peserta didik melalui berbagai interaksi dan pengalaman belajar.
model pembelajaran pada penelitian tindakan kelas yang akan digunakan adalah
menggunakan model pembelajaran hnk pair and share .Tujuan dari penenlitian ini
adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui model pembelajaran hnk
pair share pada materi biosfer di kelas XI SMA Negeri Selakau Kabupaten Sambas. Jenis
penelitian ini adalah peneltian tindakan kelas dengan subjek peelitian siswa kelas XI IPS
2 SMA Negeri Selakau Kabupaten Sambas yang berjumlah 26 siswa, antaranya 9 siswa
laki-laki sedangkan 17 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap
siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan
relfeksi. Data yang diperoleh dari hasil observasi, angket respon siswa . metode analisis
data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2016 04:59
Last Modified: 18 Apr 2016 04:59
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/51

Actions (login required)

View Item
View Item