Search for collections on digilib

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA KELAS VIII PADA MATERI USAHA DAN ENERGI MELALUI METODE CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) TERMODIFIKASI DI MTS BABUSSALAM

AHMADI, IKIP (2016) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA KELAS VIII PADA MATERI USAHA DAN ENERGI MELALUI METODE CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) TERMODIFIKASI DI MTS BABUSSALAM. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Miskonsepsi adalah suatu konsepsi yang tidak sesuai dengan konsepsi atau
pengertian ilmiah yang telah disepakati oleh para ahli dalam bidangnya
Satu di antara upaya untuk mengidentifikasi terjadinya miskonsepsi,
sekaligus dapat membedakannya dengan tidak tahu konsep adalah dengan
menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Penelitian ini bertujuan untuk
mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi usaha dan energi dengan
menggunakan metode CRI (Certainty Of Response Index) termodifikasi di kelas
VIII MTs. Babussalam
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian deskriptif dan instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda yang
disertai dengan skala CRI. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah dengan menggunakan teknik sampling jenuh dengan subjek penelitian
ialah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 14 siswa yang telah mengikuti
pembelajaran usaha dan energi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi tertinggi yang dialami
siswa pada materi usaha dan energi terdapat pada konsep hukum kekekalan
energi. Adapun persentase miskonsepsi pada tiap konsep antara lain : konsep
hukum kekekalan energi sebesar 64,29%, konsep energi mekanik sebesar
43,90%, konsep energi kinetik sebesar 30,95 %, konsep energi potensial sebesar
35,71 %, dan konsep usaha sebesar 19,05 %.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 102 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2016 04:06
Last Modified: 01 Nov 2016 04:06
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/466

Actions (login required)

View Item
View Item