MISNA, SANTIKA (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Download (2MB)
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (2MB)
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (2MB)
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (2MB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berjudul “pengaruh model pembelajaran berbasis masalah
terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII smp Negeri 3 sungai
raya kabupaten kubu raya”. Adapun masalah umum dalam penelitian ini adalah ”
Bagaimanakah Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap
Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sungai Raya
Kabupaten Kubu Raya?”. Secara rinci permasalahan dalam penelitian ini dapat
dirumuskan, sebagai berikut : (1) Bagaimanakah keterampilan menulis Teks
Eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya
Sebelum Diterapkannya Model Pembelajaran Berbasis Masalah?. (2) Bagaimanakah
keterampilan menulis Teks Eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungai Raya
Kabupaten Kubu Raya Setelah Diterapkannya Model Pembelajaran Berbasis
Masalah?. (3) Apakah terdapat pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah
terhadap keterampilan menulis Teks Eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 3
Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya ?.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-exsperimental
design, rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian one groups pre-test
post test design. Dalam rancangan penelitian ini terdapat sekelompok objek yang
dikenai perlakuan untuk jangka waktu tertentu dan kemudian di observasi hasilnya.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII di SMP Negeri 3
Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya yang berjumlah 235 siswa dan teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel
penelitian ini adalah siswa kelas VII B sebaga kelas eksperimen dan kelas kontrol
yang berjumlah 33 siswa. Instrument untuk mengukur hasil belajar siswa berupa tes
hasil belajar dengan bentuk subjektif dengan jumlah 1 soal.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Users 102 not found. |
Date Deposited: | 28 Oct 2016 04:44 |
Last Modified: | 28 Oct 2016 04:45 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/456 |