Search for collections on digilib

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA

MISNA, SANTIKA (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “pengaruh model pembelajaran berbasis masalah
terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII smp Negeri 3 sungai
raya kabupaten kubu raya”. Adapun masalah umum dalam penelitian ini adalah ”
Bagaimanakah Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap
Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sungai Raya
Kabupaten Kubu Raya?”. Secara rinci permasalahan dalam penelitian ini dapat
dirumuskan, sebagai berikut : (1) Bagaimanakah keterampilan menulis Teks
Eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya
Sebelum Diterapkannya Model Pembelajaran Berbasis Masalah?. (2) Bagaimanakah
keterampilan menulis Teks Eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungai Raya
Kabupaten Kubu Raya Setelah Diterapkannya Model Pembelajaran Berbasis
Masalah?. (3) Apakah terdapat pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah
terhadap keterampilan menulis Teks Eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 3
Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya ?.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-exsperimental
design, rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian one groups pre-test
post test design. Dalam rancangan penelitian ini terdapat sekelompok objek yang
dikenai perlakuan untuk jangka waktu tertentu dan kemudian di observasi hasilnya.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII di SMP Negeri 3
Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya yang berjumlah 235 siswa dan teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel
penelitian ini adalah siswa kelas VII B sebaga kelas eksperimen dan kelas kontrol
yang berjumlah 33 siswa. Instrument untuk mengukur hasil belajar siswa berupa tes
hasil belajar dengan bentuk subjektif dengan jumlah 1 soal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 102 not found.
Date Deposited: 28 Oct 2016 04:44
Last Modified: 28 Oct 2016 04:45
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/456

Actions (login required)

View Item
View Item