SUSANTI, KRISTELLA (2016) UPAYA GURU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE-A MATCH PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XII SMA ST.FRANSISKUS ASISI PONTIANAK. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Download (373kB)
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (423kB)
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (585kB)
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (666kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (900kB)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (312kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Download (312kB)
Abstract
Penelitian ini berjudul “upaya guru meningkatkan hasil belajar siswa
melalui model cooperative learning tipe make a match pada mata pelajaran
sejarah SMA St.Fransiskus Asisi Pontianak”.
Tujuan umum dalam penelitian ini adalah: “untuk meningkatkan hasil
belajar siswa melalui model cooperative learning tipe make a match pada mata
pelajaran sejarah SMA St.Fransiskus Asisi Pontianak”. Sedangkan tujuan khusus
dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimanakah pelaksanaan model cooperative
learning tipe make a match pada pembelajaran Sejarah di kelas XII IPS I SMA
St.Fransiskus Asisi Pontianak, 2. Bagaimanakah hasil belajar siswa setelah
pelaksanaan model cooperative learning tipe make a match pada pembelajaran
Sejarah di kelas XII IPS I SMA St.Fransiskus Asisi Pontianak, 3. Apakah terdapat
peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model cooperative learning
make a match pada pembelajaran Sejarah di kelas XII IPS I SMA St.Fransiskus
Asisi Pontianak.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
tindakan dengan bentuk penelitian tindakan kelas (kolaboratif). Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS I SMA St.Fransiskus Asisi Pontianak.
Jumlah sampelnya diambil dari seluruh populasi, yaitu 44 orang siswa di kelas
XII IPS I. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah a) Teknik observasi
langsung, b) Teknik pengukuran, c) Teknik studi dokumenter. Alat pengumpulan
data menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Users 102 not found. |
Date Deposited: | 25 Oct 2016 04:19 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 04:22 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/438 |