AGUS, RASIWAN (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANKOOPERATIF TIPEKARTU ARISANTERHADAP HASILBELAJARMATA PELAJARAN SEJARAHSISWAKELASX SMA NEGERI 1 SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
Ringkasan Skripsi.pdf - Accepted Version
Download (232kB)
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (255kB)
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (299kB)
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (943kB)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (231kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Download (232kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (543kB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Kartu Arisan Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas X
SMA Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya.”Rumusan masalah penelitian
ini adalah:(1)Bagaimanakah rata-rata hasil belajar mata pelajaran sejarah siswa
yang tidak mendapat perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan di
kelas X SMA Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. (2)Bagaimanakah
rata-rata hasil belajar mata pelajaran sejarah siswa yang mendapat perlakuan
setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan di kelas X
SMA Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya.(3)Bagaimanakah perbedaan
rata-rata hasil belajar siswa antara kelas yang tidak mendapat perlakuan dan
mendapat perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan pada mata
pelajaran sejarah kelas X SMA Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya.(4)
Bagaimanakah pengaruh penerapan model pembelajaran koopratif tipe kartu
arisan terhadaphasil belajar mata pelajaran sejarah siswa kelas X SMA Negeri 1
Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya.
Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi
eksperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X SMANegeri 1 Sungai Raya. Penarikan sampel dilakukan dengan
teknik cluster random sampling melalui tahapan uji homogenitas melalui uji
bartlett. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XF dan XG. XF sebagai kelas
eksperimen dan XG sebagai kelas kontrol. Pengumpulan datanya menggunakan
teknik pengukuran, teknik observasi langsung,dan teknik dokumenter. Validitas
instrumen tes menggunakan tingkat kesukaran soal, daya pembeda, validitas isi
dan butir soal menggunakankorelasiproduct moment, reabilitas menggunakan
menggunakan rumus K-R.20.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Users 102 not found. |
Date Deposited: | 02 Oct 2016 19:48 |
Last Modified: | 02 Oct 2016 19:48 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/371 |