MULYADI, IKIP (2016) UPAYA GURU GEOGRAFI MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS XI IPS SMA DARUT TAUHID DESA MEKAR SARI KABUPATEN KUBU RAYA. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Download (293kB)
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (394kB)
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (431kB)
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (698kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (615kB)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (304kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Download (300kB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Upaya Guru Geografi Meningkatkan Hasil Belajar
siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Team Games Tournament
(TGT) pada siswa kelas XIA IPS SMA Darut Tauhid Desa Mekar Sari Kabupaten
Kubu Raya”, dengan tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk
mendapatkan informasi yang jelas dan akurat mengenai ” Upaya Guru Geografi
Meningkatkan hasil Belajar siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran
Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas XIA IPS SMA DarutTauhid
Desa Mekar Sari Kabupaten Kubu Raya. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research),
sedangkan bentuk penelitiannya adalah penelitian tindakan kolaboratif. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa laki-laki kelas XIA IPS SMA Darut Tauhid
Desa Mekar Sari Kabupaten Kubu Raya, semester genap SMA Darut Tauhid Desa
Mekar Sari Kabupaten Kubu Raya tahun ajaran 2015-2016. Jumlah siswa
sebanyak 32 orang.
Berdasarkan hasil analisis data, adapun jawaban dari rumusan masalah
penelitian yang ada dapat ditarik adalah sebagai berikut: Bagaimanakah Upaya
Guru Geografi Meningkatkan hasil Belajar siswa Dengan Menggunakan Model
Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas XIA IPS SMA
Darut Tauhid Desa Mekar Sari Kabupaten Kubu Raya Siklus I dan Siklus II.
Penerapan dapat dilakukan dengan lancar, dan siswa menjadi antusias dalam
mengikuti proses pembelajaran. Hasil belajar siswa sebelum diterapkannya model
pembelajaran Team Games Tournament pada siswa kelas XIA IPS SMA Darut
Tauhid, dapat terlihat dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh guru dan peneliti
adalah dari 32 siswa hanya 7 atau 21,87% siswa lulus, dan 25 atau 78,12% siswa
tidak lulus. Dengan nilai rata-rata kelas 54,53. Hal ini menunjukkan bahwa
sebagian besar siswa tidak mencapai KKM (Kriteria Ketentuntasan Minimal) dan
Ketuntasan Klasikal. Dalam hal ini perlu dilanjutkan pada tindakan yang
dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament
(TGT) dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Terdapat peningkatan hasil
belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Teams Games
Tournament (TGT) pada siswa kelas XIA IPS SMA Darut Tauhid. Adapun
peningkatan hasil tersebut tampak dari evaluasi hasil belajar siklus I tersebut
adalah, lulus 19 siswa, dan tidak lulus 13 siswa, dengan nilai tertinggi 90 dan
terendah 45. Dengan nilai rata-rata kelas 67,03 dan ketuntasan klasikal 59,37%.
Adapun evaluasi hasil belajar siklus II tersebut adalah, lulus 28 siswa, dan tidak
lulus 4 siswa, dengan nilai tertinggi 95 dan terendah 50. Dengan nilai rata-rata
kelas 77,40 dan ketuntasan klasikal mencapai 87,5%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Users 102 not found. |
Date Deposited: | 30 Sep 2016 22:02 |
Last Modified: | 30 Sep 2016 22:02 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/368 |