BAMBANG, SURIANTO (2016) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BOYAN TANJUNG. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Download (292kB)
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (405kB)
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (673kB)
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (639kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (568kB)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (304kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Download (377kB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar
Matematika Siswa Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning di
Kelas VIII SMP Negeri 1 Boyan Tanjung. Adapun sub masalah dalam penelitian
ini adalah: 1) Bagaimanakah proses pembelajaran menggunakan model Problem
Based Learning pada materi Lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 1 Boyan
Tanjung?, 2) Apakah penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning
pada materi Lingkaran dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa di
kelas VIII SMP Negeri 1 Boyan Tanjung?, 3) Apakah penggunaan model
pembelajaran Problem Based Learning pada materi Lingkaran dapat
meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Boyan
Tanjung?.
Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatan
aktivitas dan hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan pembelajaran
dengan model Problem Based Learning di Kelas VIII SMP N 1 Boyan Tanjng.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus,
tiap siklus terdiri dari Perencanaan, Pelaksaan, Observasi dan Refleksi.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C Tahun pelajaran
2015/2016 yang berjumlah 23 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian
ini berupa tes dan lembar observasi. Indikator keberhasilan pada siklus I
diperoleh: Proses pembelajaran yang telah direncanakan terlaksana 80 % - 100 %,
terjadi perubahan aktivitas ndengan katagori rendah atau sedang ketinggi pada
setiap siklus dan lebih dari 75 % siswa tuntas secara klasikal memperoleh nilai ≥
65(KKM)
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 102 not found. |
Date Deposited: | 28 Sep 2016 01:09 |
Last Modified: | 28 Sep 2016 01:09 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/351 |