AGUSTINA, MARIANA OMI (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA KELAS XI IPS 2 DI SMA NEGERI 1 BUNUT HULU KABUPATEN KAPUAS HULU. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Download (292kB)
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (389kB)
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (419kB)
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (542kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (598kB)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (225kB)
Daftar pustaka.pdf - Accepted Version
Download (300kB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah
Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Picture And Picture Pada
Kelas XI IPS 2 Di SMA Negeri 1 Bunut Hulu Kabupaten Kapuas Hulu”.
Masalah umum dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Upaya
Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Dengan Menggunakan Metode
Pembelajaran Picture And Picture Pada Kelas XI IPS 2 Di SMA Negeri 1
Bunut Hulu Kabupaten Kapuas Hulu”. Adapun sub masalah dalam
penelitian ini adalah sebagai berikut: 1)Bagaimana pelaksanaan metode
pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 2
di SMA Negeri 1 Bunut Hulu Kabupaten Kapuas Hulu. 2) Bagaimana hasil
belajar siswa sesudah pelaksanaan metode pembelajaran picture and picture
pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Bunut Hulu
Kabupaten Kapuas Hulu. 3)Bagaimana peningkatan hasil belajar sejarah
pada siswa melalui metode pembelajaran picture and picture pada mata
pelajaran sejarah kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Bunut Hulu Kabupaten
Kapuas Hulu.
Dalam penelitian ini yang menjadi variabel penelitian adalah upaya
meningkatkan hasil belajar sejarah dengan menggunakan metode
pembelajaran picture and picture pada siswa kelas XI IPS 2 di SMA Negeri
1 Bunut Kabupaten Kapuas Hulu. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian tindakan dengan bentuk penelitian tindakan kelas (classroom
action research) adalah penelitian tindakan kolaboratif yang dilakukan
dalam 2 siklus dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan, dalam
setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap yaitu perencanan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas kelas XI
IPS 2 SMA Negeri 1 Bunut Hulu Kabupaten Kapuas Hulu yang berjumlah
31 orang siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi
langsung, teknik pengukuran, dan teknik dokumenter.Alat pengumpul data
yang digunakan adalah panduan observasi, soal tes, dan dokumen. Teknik
analisis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Indikator kinerja
menggunakan hitungan rumus persentase.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Users 102 not found. |
Date Deposited: | 16 Sep 2016 08:01 |
Last Modified: | 16 Sep 2016 08:01 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/299 |