YOHANES, RAFEL (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TINK-PAIR-SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA PADA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TAYAN HULU KABUPATEN SANGGAU. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.PDF - Accepted Version
Download (9MB)
DAFTAR PUSTAKA.PDF - Accepted Version
Download (9MB)
BAB I.PDF - Accepted Version
Download (9MB)
BAB II.PDF - Accepted Version
Download (9MB)
BAB III.PDF - Accepted Version
Download (9MB)
BAB IV.PDF - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
BAB V.PDF - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Skripsi ini berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Think-Pair-Share Terhadap
Hasil Belajar Siswa materi Persebaran Flora dan Fauna pada Pelajaran Geografi
dikelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tayan Hulu Kabupaten Sanggau.
Masalah umum dalam penelitian ini, yaitu apakah terdapat Pengaruh Model
Pembelajaran Think-Pair-Share Terhadap Hasil Belajar Siswa materi Persebaran Flora
dan fauna pada Pelajaran Geografi dikelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tayan
Hulu Kabupaten Sanggau. Sub masalah sebagai berikut: (1)Bagaimanakah rata-rata
hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran geografi dalam materi Persebaran
Flora dan Fauna pada kelas control dengan pembelajaran konvensional?
(2)Bagaimanakah rata-rata hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran geografi
dalam materi Persebaran Flora dan Fauna pada kelas eksperimen dengan model
pembelajaran Think-Pair-Share? (3) Apakah terdapat pengaruh penggunaan model
pembelajaran Think-Pair-Share terhadap hasil belajar siswa pada materi Persebaran
Flora dan fauna mata pelajaran Geografi di kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1
Tayan Hulu Kabupaten Sanggau? Tujuan umum penelitian ini yaituPengaruh
Penggunaan Model Pembelajaran Think-Pair-Share terhadap hasil belajar siswa pada
materi persebaran flora dan fauna mata pelajaran geografi di kelas XI Sekolah
Menengah Atas Negeri 1 Tayan Hulu Kabupaten Sanggau.
Tujuan khusus sebagai berikut: (1)Rata-rata hasil belajar siswa kelas XI pada mata
pelajaran geografi dalam materi Pesebaran flora dan fauna pada kelas kontrol dengan
pembelajaran konvensional.(2)Rata-rata hasil belajar siswa kelas XI pada mata
pelajaran geografi dalam materi persebaran flora dan fauna pada kelas eksperimen
dengan model pembelajaran Think-Pair-Share.(3) Terdapat tidaknya Pengaruh
penggunaan model pembelajaran Think-Pair-Share terhadap hasil belajar siswa pada
materi persebaran flora dan fauna mata pelajaran geografi di kelas XI Sekolah
Menengah Atas Negeri 1 Tayan Hulu Kabupaten Sanggau. Variabel dalam penelitian
ini adalah variabel bebas (Independen) dan variabel terikat (Dependen), variabel bebas
dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Think-pair-Share sedangkan variabel
terikat adalah hasil belajar siswa materi persebaran Flora dan fauna pada pelajaran
Geografi di kelasXI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tayan Hulu Kabupaten Sanggau
diambil melalui pemberian tesformatif (ulangan harian) dengan bentuk soal pilihan
ganda yang berjumlah 20 soal.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode eksperimen dengan bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Quasy Eksperimental Design(eksperimen semu) dengan rancangan penelitian
Two-group Postetst only. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI
SMA Negeri 1 tayan Hulu Kabupaten Sanggau pada tahun ajaran 2015/2016 yang
terdiri dari tiga kelas yaitu kelasXI IPS 1, XI IPS 2, dan XI IPS 3 , sedangkan sampel
dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 3 yang akan jadikan kelas eksperimen yaitu
kelas yang mendapat perlakukan melalui model pembelajaran Think-Pair-Share
sedangkan kelas XI IPS 2 kelas yang akan dijadikan kelas kontrol kelas yang
mendapat perlakuan dengan pembelajaran konvensional
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 14 Sep 2016 01:46 |
Last Modified: | 14 Sep 2016 01:46 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/282 |