SARTIKA, IRA (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS XI SMAN 1 SAMALANTAN. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (84kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (180kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (358kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (424kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (667kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-modul berbasis Problem Based Learning untuk melatih kemampuan berfikir kritis siswa yang valid, praktis dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik yang digunakan teknik komunikasi tidak langsung dan pengukuran. Alat pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket dan tes. Subjek penelitian kelas XI SMAN
1 Samalantan. Teknik analisis data kevalidan dan kepraktisan berdasarkan lembar validasi dan lembar angket, sedangkan keefektifan berdasarkan nilai N-gain pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kevalidan
memperoleh presentase sebesar 86% dengan kriteria valid 2) kepraktisan memperoleh presentase sebesar 81,06% dengan kriteria praktis 3) keefektifan memperoleh nilai N-gain sebesar 0,5 dengan kriteria sedang. Kesimpulan: E�modul berbasis Problem Based Learning yaitu sudah tergolong valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berfikir kriti s siswa.
Kata kunci: E-Modul, Problem Based Learning, Kemampuan Berfikir Kritis, Sistem Pencernaan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 03:36 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 03:36 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2408 |