RIA, YUSTINUS JEFRI NIKA (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PASSING KAKI BAGIAN DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS XI TKJ 4 SMK NEGERI 1 PARINDU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (154kB)
BAB 1.pdf - Published Version
Download (184kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (556kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (377kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (441kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (86kB)
Abstract
Judul skripsi ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Koopertif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Kemampuan Passing Kaki Bagian Dalam Permainan Sepak Bola Pada Siswa Kelas XI TKJ 4 SMK Negeri 1 Parindu. Adapun tujuan skripsi ini adalah 1) Perencanaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan kemampuan Passing kaki bagian dalam permainan sepak bola pada siswa kelas XI TKJ 4 SMK Negeri 1 Parindu. 2) Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif
tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan kemampuan Passing kaki bagian dalam permainan sepak bola pada siswa kelas XI TKJ 4 SMK Negeri 1 Parindu. 3) Peningkatan kemampuan Passing kaki bagian dalam permainan
sepak bola dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) pada siswa kelas XI TKJ 4 SMK Negeri 1 Parindu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament). salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menempatkan siswa dalam kelompok-kelompok belajar yang beranggotakan lima sampai enam orang siswa yang sudah di bentuk oleh guru. Guru menyajikan materi dan siswa bekerja dalam kelompok mereka masing-masing. Menurut Sukmadinata (2017) penelitian deskritif adalah karakteristik penelitian yang dapat mengungkapkan atau membedah berbagai fenomena alam dan sosial dalam masyarakat secara spesifik. Adapun bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Menurut Suharsimi Arikunto (2015) Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang memaparkan terjadinya sebab-akibat dari perlakuan, sekaligus memaparkan apa saja yang terjadi ketika perlakuan diberikan, dan memaparkan seluruh proses sejak awal pemberian perlakuan sampai dengan dampak dari perlakuan tersebut. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa penelitian tindakan kelas atau PTK adalah jenis penelitian yang memaparkan baik proses maupun hasil, yang melakukan PTK di kelasnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaranya.
Kesimpulan penelitian ini adalah Berdasarkan pengamatan pra observasi yang telah dilakukan dalam pembelajaran pendidikan olahraga dan kesehatan khususnya cabang olahraga sepak bola, ini disebabkan karena proses pembelajarannya terlalu monoton. Sehingga masih jauh dari ketuntasan, terlihat
dari jumlah siswa kelas XI TKJ 4 terdapat 30 siswa, 29,50% terdiri 9 siswa yang mencapai KKM dan 70,50% terdiri dari 21 siswa yang belum mencapai KKM, dinyatakan tuntas bila mencapai persentase 75%. Dari data test siklus I maka
ketuntasan belajar secara klasifikasi untuk materi passing dalam permainan sepak bola adalah 60% terdapat 18 siswa tuntas dan 12 siswa atau 40% yang tidak tuntas. Ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 60% dengan kriteria KKM
klasikal sedang. Berdasarkan hasil ketuntasan pada siklus I belum mencapaikan maka penelitian dilanjutkan ke siklus II. Data test siklus II ketuntasan belajar secara klasifikasi untuk materi passing dalam permainan sepak bola adalah
93,33% terdapat 28 siswa tuntas dan 2 siswa atau 6,66% yang tidak tuntas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan > Pendidikan Jasmani |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 08:16 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 08:16 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2387 |