Suryani, Indah Restu (2024) PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS HOTS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SISTEM RESPIRASI KELAS XI SMAN 2 NANGA PINOH. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK(12).pdf - Published Version
Download (31kB)
BAB I(10).pdf - Published Version
Download (247kB)
BAB II(14).pdf - Published Version
Download (308kB)
BAB III(14).pdf - Published Version
Download (419kB)
BAB IV(11).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB V(18).pdf - Published Version
Download (152kB)
DAFTAR PUSTAKA(15).pdf - Published Version
Download (185kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis HOTS terhadap keterampilan proses sains yang valid, praktis dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik yang digunakan teknik komunikasi tidak langsung dan pengukuran. Alat pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket dan tes. Subjek penelitian kelas XI A SMAN 2 Nanga Pinoh. Teknik analisis data kevalidan dan kepraktisan berdasarkan lembar validasi dan lembar angket, sedangkan keefektifan berdasarkan nilai post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kevalidan memperoleh presentase sebesar 92,58% dengan kriteria sangat valid 2)
kepraktisan memperoleh presentase sebesar 89,98% dengan kriteria sangat praktis 3) keefektifan memperoleh presentase sebesar 87,5% dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media e-LKPD berbasis HOTS terhadap keterampilan proses sains efektif digunakan siswa kelas XI SMAN 2 Nanga Pinoh.
Kata kunci: e-LKPD, HOTS, Keterampilan Proses Sains, Sistem Respirasi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 08:15 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 08:15 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2386 |