Search for collections on digilib

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY BERMUATAN KARAKTER DALAM MATERI PERANGKAT KERAS KOMPUTER PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 01 HULU SUNGAI

ALESANDRO, PAULUS (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY BERMUATAN KARAKTER DALAM MATERI PERANGKAT KERAS KOMPUTER PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 01 HULU SUNGAI. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (185kB)
[thumbnail of BAB I(1).pdf] Text
BAB I(1).pdf - Published Version

Download (428kB)
[thumbnail of BAB II(1).pdf] Text
BAB II(1).pdf - Published Version

Download (644kB)
[thumbnail of BAB III(1).pdf] Text
BAB III(1).pdf - Published Version

Download (881kB)
[thumbnail of BAB IV .pdf] Text
BAB IV .pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V(2).pdf] Text
BAB V(2).pdf - Published Version

Download (397kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA(1).pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA(1).pdf - Published Version

Download (302kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa media pembelajaran berbasis augmnted reality bermuatan karakter dalam materi perangkat keras komputer pada siswa kelas X SMA Negeri 01 Hulu Sungai. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan prosedur
penelitian yang menggunakan model rancangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 01 Hulu Sungai yang berjumlah 53 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media dan lembar validasi ahli materi, angket respon siswa dan guru, serta post-test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil validasi augmnted reality bermuatan karakter mencapai kriteria sangat valid dengan rata-rata presentase kevalidan
sebesar 84,33%. Hasil perhitungan dari angket respon guru dan siswa diperoleh rata-rata presentase kepraktisan sebesar 86% dengan kriteria sangat praktis, dan untuk keefektifan media pembelajaran berbasis augmented reality bermuatan
karakter diperoleh rata-rata presentase 86,96% dengan kriteria sangat efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis augmented reality bermuatan karakter yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran untuk materi perangkat keras komputer.

Kata Kunci: Augmented reality, Media pembelajaran, Pendidikan Karakter Pemgembangan, Teknologi pendidikan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 01 Mar 2024 08:18
Last Modified: 01 Mar 2024 08:18
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2321

Actions (login required)

View Item
View Item