LENI, LENI (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OUTDOOR BERBASIS SMARTPHONE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS 3 DI SMA NEGERI 1 TUMBANG TITI KABUPATEN KETAPANG TAHUN 2023. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (227kB)
BAB 1.pdf - Published Version
Download (196kB)
BAB 2.pdf - Published Version
Download (261kB)
BAB 3.pdf - Published Version
Download (383kB)
BAB 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (469kB)
BAB 5.pdf - Published Version
Download (165kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (166kB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “ Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Outdoor Berbasis Smartphone Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS3 Di SMA Negeri 1 Tumbang Titi Kabupaten Ketapang Tahun 2023”. Adapun masalah umum dalam penelitian pembelajaran outdoor berbasis smartphone ini adalah “1). Bagaimana rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol tanpa menggunakan model pembelajaran outdoor berbasis smartphone pada pembelajaran geografi di kelas XI IPS3 SMA Negeri 1 Tumbang Titi? 2).
Bagaimanakah rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan pada model pembelajaran outdoor berbasis smartphone pada pembelajaran geografi dikelas XI IPS3 SMA Negeri 1 Tumbang Titi Kabupaten Ketapang? 3). Apakah terdapat pengaruh hasil belajar yang signifikan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen terhadap hasil belajar siswa dikelas XI IPS3 SMA Negeri 1 Tumbang Titi Kabupaten Ketapang?.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen design, dengan desain penelitian two-group post- only, yang digunakan untuk mengetahui pengaruh dari suatu perlakuan terhadap subjek penelitian. Populasi dari penelitian ini adalah kelas XI IPS1, IPS2, IPS3. penelitian dilakukan dengan cara yakni 2 kelas di bagi dengan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dan data yang diperoleh setelah dilakukan posttest antara 2 kelas yang diajarkan metode pembelajaran yang berbeda. Dari hasil penelitian diperoleh hasil rata-rata kelas yang tidak diajarkan metode outdoor berbasis smartphone (kelompok kontrol) sebesar 72 yang tergolong baik, sedangkan rata-rata kelas yang diajarkan dengan metode outdoor berbasis smartphone (kelompok eksperimen) sebesar 68,8 yang tergolong cukup.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata hasil belajar siswa dikelas kontrol dan kelas eksperimen pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS3 Di SMA Negeri 1 Tumbang Titi Kabupaten
Ketapang. Hal ini dapat dilihat seperti berikut: 1). Rata-rata kelas yang tidak diajarkan metode outdoor berbasis smartphone (kelompok kontrol) sebesar 68,8 yang tergolong baik, sedangkan 2). Rata-rata kelas yang diajarkan dengan metode outdoor berbasis smartphone (kelompok eksperimen) sebesar 72 yang tergolong cukup. Berdasarkan perhitungan menggunakan effect size diperoleh nilai 0,2<Es≤0,8 atau 0,2<0,2<0,8 maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh penerapan
model pembelajaran outdoor berbasis smartphone terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS3 DI SMA Negeri 1 Tumbang Titi Kabupaten Ketapang tergolong baik. Dengan ini bahwa metode yang tidak diajarkan outdoor berbasis smartphone meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Outdoor Berbasis Smartphone Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 27 Feb 2024 08:01 |
Last Modified: | 27 Feb 2024 08:01 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2292 |