Search for collections on digilib

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBEL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DIKELAS XI SMA NEGERI 1 ANJONGAN KABUPATEN MEMPAWAH

LESTARI, DEBI ANGRAENI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBEL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DIKELAS XI SMA NEGERI 1 ANJONGAN KABUPATEN MEMPAWAH. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf - Published Version

Download (91kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (189kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (211kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf - Published Version

Download (425kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf - Published Version

Download (88kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (89kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scrambel terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran sejarah di kelas XI SMA Negeri 1 Anjongan Kabupaten Mempawah. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian Quasy Eksperimental design. Teknik yang digunakan adalah diantaranya teknik komunikasi tidak langsung, teknik studi dokumenter. Alat pengumpul data angket dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pengolahan data yang di lakukan maka secara khusus, dapat
dijabarkan sebagai berikut: 1) Rata-rata motivasi belajar siswa kelas eksperimen pada pembelajaran sejarah di kelas XI SMA Negeri 1 Anjongan Kabupaten Mempawah yaitu 84,68. 2) Rata-rata motivasi belajar siswa kelas kontrol pada pembelajaran sejarah di kelas XI SMA Negeri 1 Anjongan Kabupaten Mempawah yaitu 65,59. 3) Pengaruh model pembelajaran scrambel terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran sejarah di kelas XI SMA Negeri 1 Anjongan Kabupaten Mempawah setelah menggunakan Uji T Independent Sampel T. Test yaitu nilai sig (2-tailed) 0,000. Maka hipotesis dalam penelitian ini diterima. Dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan setelah menggunakan model pembelajaran scrambel. 4) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran scrambel terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran sejarah di kelas XI SMA Negeri 1 Anjongan Kabupaten Mempawah yaitu 2,36 maka termasuk dalam kriteria tergolong tinggi.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Scrambel, Motivasi Belajar, Pembelajaran Sejarah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 26 Feb 2024 02:26
Last Modified: 26 Feb 2024 02:26
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2261

Actions (login required)

View Item
View Item