KARNIYANTO, IKIP (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN MENYENANGKAN DENGAN HUMOR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VII SMP NEGERI 10 SUNGAI RAYA. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Download (160kB)
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (295kB)
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (446kB)
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (500kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (928kB)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (274kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Download (268kB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan
Strategi Pembelajaran Menyenangkan Dengan Humor Pada Mata Pelajaran IPS
Terpadu Di Kelas VII SMP Negeri 10 Sungai Raya”. Penelitian ini dilatar
belakangi rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan
Minimum (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 70. Hal ini disebabkan kurang
bervariasinya metode yang digunakan sehingga menyebabkan kurangnya interaksi
antara guru dengan siswa, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan strategi
pembelajaran menyenangkan dengan Humor dan peningkatan hasil belajar siswa
kelas VII pada mata pelajaran IPS Terpadu dengan menggunakan strategi
pembelajaran menyenangkan dengan humor di SMP Negeri 10 Sungai Raya.
Variabel tindakan dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran pembelajaran
menyenangkan dengan humor dan variabel masalah adalah hasil belajar.
Pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan Kelas
(Classroom Action Research) dengan bentuk penelitian tindakan kolaboratif yang
dilakukan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP
Negeri 10 Sungai Raya dengan jumlah siswa 33 orang.
Teknik pengumpul data berupa teknik observasi partisipatif, teknik
pengukuran/tes dan teknik studi dokumenter dengan alat pengumpul data, berupa
pedoman observasi, pra-tes dan pos-tes dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan perhitungan nilai rata-rata (mean) dan ketuntasan belajar
(persentase)
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 01 Sep 2016 02:22 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 02:22 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/225 |