Search for collections on digilib

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN MENYENANGKAN DENGAN HUMOR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VII SMP NEGERI 10 SUNGAI RAYA

KARNIYANTO, IKIP (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN MENYENANGKAN DENGAN HUMOR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VII SMP NEGERI 10 SUNGAI RAYA. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Accepted Version

Download (160kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (295kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (446kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (500kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (928kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (268kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan
Strategi Pembelajaran Menyenangkan Dengan Humor Pada Mata Pelajaran IPS
Terpadu Di Kelas VII SMP Negeri 10 Sungai Raya”. Penelitian ini dilatar
belakangi rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan
Minimum (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 70. Hal ini disebabkan kurang
bervariasinya metode yang digunakan sehingga menyebabkan kurangnya interaksi
antara guru dengan siswa, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan strategi
pembelajaran menyenangkan dengan Humor dan peningkatan hasil belajar siswa
kelas VII pada mata pelajaran IPS Terpadu dengan menggunakan strategi
pembelajaran menyenangkan dengan humor di SMP Negeri 10 Sungai Raya.
Variabel tindakan dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran pembelajaran
menyenangkan dengan humor dan variabel masalah adalah hasil belajar.
Pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan Kelas
(Classroom Action Research) dengan bentuk penelitian tindakan kolaboratif yang
dilakukan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP
Negeri 10 Sungai Raya dengan jumlah siswa 33 orang.
Teknik pengumpul data berupa teknik observasi partisipatif, teknik
pengukuran/tes dan teknik studi dokumenter dengan alat pengumpul data, berupa
pedoman observasi, pra-tes dan pos-tes dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan perhitungan nilai rata-rata (mean) dan ketuntasan belajar
(persentase)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2016 02:22
Last Modified: 01 Sep 2016 02:22
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/225

Actions (login required)

View Item
View Item