Itin, Itin (2024) HUBUNGAN EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS VIII MTs. DARUL ANWAR AL-HIKAM. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTARAK.pdf - Published Version
Download (347kB)
bab 1.pdf - Published Version
Download (317kB)
bab 2.pdf - Published Version
Download (358kB)
bab 3.pdf - Published Version
Download (463kB)
bab 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (618kB)
bab 5.pdf - Published Version
Download (240kB)
daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (380kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan efikasi diri terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII MTs. Darul Awar Al-Hikam. Metode dan bentuk penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan bentuk korelasi (correlational studies). Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan
dokumentasi. Sampel penelitian sebanyak 23 siswa. Teknik random sampling adalah teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang cukup antara efikasi diri (X)
dan hasil belajar (Y) pada siswa kelas VIII MTs. Darul Anwar Al-Hikam dengan nilai korelasi 0,444 yang berarti bahwa efikasi diri memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa secara signifikan. Adapun secara rinci kesimpulannya adalah sebagai berikut: 1) efikasi diri siswa dikategorikan kuat dengan hasil hasil perhitungan nilai rata-rata 67; 2) nilai hasil belajar mata pelajaran bahasa indonesia dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 78,91.
Kata kunci: efikasi diri, hasil belajar, korelasi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 08:09 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 08:09 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2240 |