Search for collections on digilib

PENGEMBANGAN GLOSARIUM MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI IKIP PGRI PONTIANAK

FLORIDA, RADHA (2024) PENGEMBANGAN GLOSARIUM MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI IKIP PGRI PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version

Download (155kB)
[thumbnail of 3. BAB I - Pendahuluan.pdf] Text
3. BAB I - Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (186kB)
[thumbnail of 4. BAB II - Landasan Teori.pdf] Text
4. BAB II - Landasan Teori.pdf - Published Version

Download (281kB)
[thumbnail of 5. BAB III - Metode Penelitian.pdf] Text
5. BAB III - Metode Penelitian.pdf - Published Version

Download (365kB)
[thumbnail of 6. BAB IV - Hasil Penelitian & Pembahasan.pdf] Text
6. BAB IV - Hasil Penelitian & Pembahasan.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 7. BAB V - Penutup.pdf] Text
7. BAB V - Penutup.pdf - Published Version

Download (154kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka.pdf] Text
8. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (170kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pengembangan glosarium berbasis android pada mata kuliah Pendidikan Agama Islam untuk mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi IKIP PGRI Pontianak, (2) mengetahui kelayakan
glosarium berbasis android pada mata kuliah Pendidikan Agama Islam untuk mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi IKIP PGRI Pontianak, (3) mengetahui respon mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi setelah diimplementasikan media glosarium berbasis android pada mata kuliah Pendidikan Agama Islam di IKIP PGRI Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model
pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data berupa observasi, komunikasi langsung, komunikasi tidak langsung, dan dokumentasi, sedangkan instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, angket, dan
dokumentasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini terdiri dari subjek pengembangan dan subjek uji coba produk yang dilakukan kepada 30 orang mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif
dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan aplikasi glosarium berbasis android pada mata kuliah Pendidikan Agama Islam dilakukan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), (2) pengujian oleh dua orang ahli media diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 88,15% dengan kategori “Sangat Layak”. Sedangkan hasil pengujian oleh dua orang ahli materi diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 82,64% dengan kategori “Sangat Layak”. (3) hasil respon mahasiswa berjumlah 30 mahasiswa diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 79,65% dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan perolehan hasil tersebut dapat disimpulkan media
pembelajaran glosarium berbasis android layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Pendidikan Agama Islam pada mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi IKIP PGRI Pontianak.

Kata kunci: Glosarium, Pendidikan Agama Islam, Android, MIT App Inventor, iSpring Suite 10

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 22 Feb 2024 08:19
Last Modified: 22 Feb 2024 08:19
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2225

Actions (login required)

View Item
View Item