Search for collections on digilib

PENGEMBANGAN POP UP BOOK MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 NGABANG

TARIGAS, SONIA AGRIVINA (2024) PENGEMBANGAN POP UP BOOK MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 NGABANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK SKRIPSI SONIA AGRIVINA TARIGAS (241910058).pdf] Text
ABSTRAK SKRIPSI SONIA AGRIVINA TARIGAS (241910058).pdf - Published Version

Download (30kB)
[thumbnail of BAB I .pdf] Text
BAB I .pdf - Published Version

Download (101kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (305kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (763kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (32kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA .pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (153kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pop up book materi keanekaragaman hayati yang valid, praktis dan efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Ngabang dengan siswa kelas X IPA sebagai sampel penelitian. Model yang digunakan pada
penelitian ini adalah R&D (Research & Development) merupakan salah satu model yang digunakan dalam prosedur pengembangan produk dengan mengembangan prosedur ADDIE. Instrument yang digunakan pada penilaian penelitian berupa lembar validasi ahli materi dan media serta angket respon siswa dan soal tes
kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil validasi ahli materi yaitu 91,90% dan ahli media 93,66%. Dengan kriteria rata-rata tingkat kevalidan yang didapatkan yaitu sangat valid dengan
persentase 92,78%. Tingkat kepraktisan media pop up book terhadap kemampuan berpikir kritis diperoleh hasil penilaian angket respon siswa yaitu 95,81%. Berdasarkan persentase rata-rata angket respon siswa termasuk didalam kriteria
sangat praktis dan tingkat keefektifan media pop up book terhadap kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh hasil N-gain sebesar 0,7 dengan kriteria tinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa pop up book yang dikembangkan sudah tergolong valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Kata Kunci: Pop Up Book, Kemampuan Berpikir Kritis, Keanekaragaman Hayati

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 22 Feb 2024 08:18
Last Modified: 22 Feb 2024 08:18
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2212

Actions (login required)

View Item
View Item