YONGKI, DERISIUS (2024) ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI NILAI MUTLAK SISWA DI SMA KELAS X HARAPAN BANGSA SAMALANTAN. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK YONGKI.pdf - Published Version
Download (83kB)
BAB I YONGKI.pdf - Published Version
Download (251kB)
BAB II YONGKI.pdf - Published Version
Download (324kB)
BAB III YONGKI.pdf - Published Version
Download (429kB)
BAB IV YONGKI.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (408kB)
BAB V YONGKI.pdf - Published Version
Download (228kB)
DAFTAR PUSTAKA YONGKI.pdf - Published Version
Download (169kB)
Abstract
Pentingnya pendidikan karakter dalam pembelajaran adalah untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter siswa. Dalam hal ini guru tidak hanya bertugas menyampaikan materi pembelajaran, tetapi juga bertugas menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa (Fatmawati, 2017:8).Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan metode yang digunakan adalah metode deskritif. Sugiyono (2017:9) penelitian kualitatif merupakan metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada objek yang alamiah. Tujuan utama penelitian kualitatif yaitu untuk memahami fenomena atau gejala sosial dengan cara memberi pemaparan berupa penggambaran yang jelas tentang fenomena atau gejala sosial tersebut dalam bentuk rangkaian kata pada akhirnya akan menghasilkan sebuah teori, yang dijelaskan (Sujardewi, 2014:110). Berdasarkan uraian yang telah disampaikan maka penelitian ini diartikan sebagai proses penelitian yang menghasilkan data deskritif berupa kata-kata tulisan atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati serta
dilakukan secara alamiah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan harapan dapat mendeskripsikan analisis Pendidikan karakter pada pembelajaran matematika materi nilai mutlak siswa di siswa di SMA kelas X Harapan Bangsa Samalantan. Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh data yang diperlukan untuk mendeskripsikan mengenai pendidikan karakter pada pembelajaran matematika materi nilai mutlak di sekolah SMA Harapan Bangsa Samalantan
kelas X. Dalam bab IV ini dikemukan mengenai hasil dari penelitian yang telah dilakukan beserta pembahasanya. Karena itu berturut-turt dikemukkan mengenai (1) Hasil, (2) Pembahasan.1. Analisis pendidikan karakter pada pembelajaran matematika materi nilai mutlak dikelas X telah dilaksanakan oleh guru melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan oleh guru. Guru matematika dalam perencanaan pembelajaran matematika materi nilai mutlak adanya nilai
karakter yang tercantumkan didalam RPP yaitu nilai-nilai karakter displin, jujur, tangung jawab, dan keterampilan. Pada pelaksanaan pembelajaran guru matematika juga menerapkan pendidikan karakter melalui metode, stretegi, dan media pembelajaran. Analisis pendidikan karakter pada
pembelajaran matematika materi nilai mutlak sudah berdasarkan RPP yang sudah dibuat dan disesuaikan dengan keadaan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan metode studi kasus, sehingga siswa selalu berpikir kritis dalam Upaya menyelesaikan perumuasan masalah
pada pembelajaran matematika materi nilai mutlak. Penilaian ketercapaian pendidikan karakter pada pembelajaran matematika materi nilai mutlak di kelas X menggunakan tes soal dan lembar observasi perilaku siswa dalam pembelajaran.
Kata kunci: Analisis Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Matematika Materi Nilai Mutlak
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 01:47 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 01:47 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2200 |