SALSABILLA, SUCI (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL IPA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MATERI INTERAKSI ANTAR MAHKLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 16 PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (7kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (224kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (341kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (591kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (102kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (267kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggembangkan E-Modul IPA berbasis Project Based Learning (PjBL) ditinjau dari kreativitas siswa yang 1) valid 2) praktis 3) efektif. Model penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE oleh Tegeh, dkk (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Teknik pengumpulan data : komunikasi tidak langsung, pengukuran, observasi, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli, angket, dan tes. Subjek penelitian: siswa kelas VII SMP N 16 Pontianak. Teknik analisis data kevalidan, kepraktisan menggunakan deskriptif kuantitatif, dan kefektifan menggunakan nilai KKM yang sudah ditentukan dari sekolah. Hasil penelitian: 1) sangat valid presentase rata-rata sebesar 86,88% 2) sangat praktis dengan presentase respon siswa 83, 02% 3) efektif dengan kriteria nilai di atas KKM presentase rata-rata seluruh siswa sebesar 84,85%. Kesimpulan: E-Modul IPA berbasis Project Based Learning (PjBL) ditinjau dari kreativitas siswa yaitu sudah tergolong valid, praktis, dan efektif.
Kata kunci: E-Modul IPA, Project Based Learning (PjBL), Kreativitas siswa, Interaksi Antar Makhluk Hidup dan Lingkungan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 08:19 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 08:19 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2157 |