MUZELLA, IKIP (2016) HUBUNGAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE DEMONTRASI PADA MATERI SUHU DAN PENGUKURANNYA PADA SISWA KELAS VII SMPI DARUL RIDHO PONTIANAK UTARA. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (967kB)
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (967kB)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (968kB)
ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Download (968kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (961kB)
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (968kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Download (968kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini secara umum yaitu hubungan yang terjadi antara aktivitas dengan
hasil belajar siswa pada materi suhu dan pengukurannya yang diajarkan menggunakan
metode demontrasi di kelas VII SMPI Darul Ridho Pontianak Utara. Adapun tujuan secara
khusus yaitu: 1) Mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas VII SMPI Darul Ridho
Pontianak Utara pada materi suhu dan pengukurannya yang diajarkan menggunakan
metode demontrasi, 2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas VII SMPI Darul Ridho
Pontianak Utara pada materi suhu dan pengukurannya yang diajarkan menggunakan
metode demontrasi, 3) Mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas
belajar siswa dengan hasil belajar siswa kelas VII SMPI Darul Ridho Pontianak Utara pada
materi suhu dan pengukurannya yang diajarkan menggunakan metode demontrasi, 4)
Mendiskripsikan besar hubungan yang terjadi antara aktivitas belajar siswa dengan hasil
belajar siswa kelas VII SMPI Darul Ridho Pontianak Utara pada materi suhu dan
pengukurannya yang diajarkan menggunakan metode demontrasi
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan bentuk
penelitian korelasional. Sampel dipenelitian ini satu kelas. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu teknik observasi langsung dan teknik pengukuran. Alat pengumpulan data
yaitu lembar pengamatan aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar berupa uraian (essay ).
Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan
metode demontrasi tergolong cukup aktif dengan persentase 44% pada materi suhu dan
pengukurannya pada siswa kelas VII. Hasil belajar siswa dengan menggunakan metode
demontra si pada materi suhu dan pengukurannya kelas VII memperoleh rata-rata 58,80.
Dari hasil korelasi dan uji signifikansi antara aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar
siswa memperoleh hubungan yang positif dan signifikan, dan besar hubungan yang terjadi
antara aktivitas belajar siswa dengan hasil belajar siswa mempunyai hubungan sebesar
74,30%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi suhu dan
penggukurannya sangat dipengaruhi oleh aktivitas belajar siswa, sehingga aktivitas bela jar
siswa harus bisa ditingkatkan lagi agar kemudian hasil belajar siswa juga bisa meninggkat.
Diharapkan bagi guru IPA untuk lebih memperhatikan lagi metode atau model dalam
kegiatan belajar mengajar agar siswa bisa aktif dalam belajarnya, karena hasil belajar itu
sangat dipengaruhi oleh bagaimana aktivitas siswa didalam belajar.
Kata kunci: Aktivitas Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa, Materi Suhu dan
Pengukurannya
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Users 102 not found. |
Date Deposited: | 27 Aug 2016 04:41 |
Last Modified: | 27 Aug 2016 04:41 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/207 |