LESTARI, MARIA AYU FITRI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF PADA MATERI SPLDV TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 NANGA TAYAP. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (85kB)
BAB 1.pdf - Published Version
Download (215kB)
BAB 2.pdf - Published Version
Download (276kB)
BAB 3.pdf - Published Version
Download (442kB)
BAB 5.pdf - Published Version
Download (85kB)
BAB 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (796kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (227kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran video interaktif pada pembelajaran matematika guna meningkatkan pemahaman matematis siswa yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dimana prosedur penelitian menggunakan rancangan 4D yaitu (Define, Design, Develovment, Dan Disseminate) tetapi penelitian ini hanya sampai pada
tahapan Develovment karena terbatasnya waktu, biaya dan subjek penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Nanga Tayap yang berjumlah 26 orang. Instrument yang digunakan peneliti adalah lembar validasi
guna untuk melihat kevalidan media video interaktif, angket respon digunakan untuk melihat kepraktisan media video interaktif dan tes uji coba digunakan untuk melihat kepraktisan media video interaktif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Berdasarkan validasi dari ketiga validator terhadap pembelajaran media video interaktif dapat dinyatakan valid dengan persentase
indeks rata- rata 79,69% dengan kriteria valid. Validasi ahli materi dinyatakan valid dengan presentase indeks rata-rata 78,88% dengan kriteria valid. Sedangkan validasi ahli media dinyatakan valid dengan indeks presentase rata-rata 79,28% dengan kriteria valid. Tingkat kepraktisan dengan rata-rata presentase dari respon guru sebesar 80%, degan kriteria sangat valid dan rata-rata presentase respon
siswa 82,66% dengan kriteria sangat praktis. Dari hasil pengisian angket respon guru dan siswa tersebut maka media pembelajaran video interaktif terhadap pemahaman matematis siswa dapat dinyatakan sangat praktis bagi para siswa.
Tingkat keefektifan siswa setelah menggunakan media pembelajaran video interaktif terhadap kemampuan pemahaman matematis sebesar 80,76% dengan kriteria sangat efektif.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Interaktif, Kemampuan
Pemahaman Matematis
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 08:40 |
Last Modified: | 22 Sep 2023 08:40 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1889 |