ERA, SUSA (2016) ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KETAPANG. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Download (537kB)
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (705kB)
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (712kB)
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (707kB)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (703kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (709kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Download (703kB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran Sejarah di
Madrasah Aliyah Negeri 1 Ketapang”. Penelitian ini difokuskan pada
“Bagaimanakah pemanfaatan media dalam pembelajaran Sejarah di Madrasah
Aliyah Negeri 1 Ketapang?”. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk
menggambarkan secara jelas mengenai pemanfaatan media dalam pembelajaran
Sejarah di Madrasah Aliyah Negeri 1 Ketapang. Metode penelitian ini adalah
metode deskriptif kualitatif bentuk penelitian studi kasus (case-study).
Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa
pemanfaatan media dalam pembelajaran sejarah di Madrasah Aliyah Negeri
Ketapang, secara umum cukup baik. Jika dijabarkan secara lebih spesifik dapat
digambarkan sebagai berikut : 1) Perencanaan guru dalam pemanfaatan media
dalam pembelajaran sejarah di Madrasah Aliyah Negeri Ketapang meliputi :
membuat satuan pelajaran atau rencana pembelajaran, membuat silabus, membuat
materi ajar, menyiapkan metode pembelajaran, menyiapkan media yang
dibutuhkan serta menyiapkan bentuk evaluasi yang akan dilakukan, 2)
Pelaksanaan pemanfataan media dalam pembelajaran sejarah di Madrasah Aliyah
Negeri Ketapang meliputi : melaksanakan perencanaan pengajaran, melaksanakan
pengajaran sesuai dengan perencanaan pengajaran serta menguasai manajemen
kelas dalam melaksanakan pengajaran, 3) Hambatan dalam pemanfaatan media
dalam pembelajaran sejarah di Madrasah Aliyah Negeri Ketapang meliputi :
dalam pemanfatataan buku teks sebagai media pengajaran, buku teks tidak
memberikan pemantapan, penekanan pada nilai-nilai anak dan orang dewasa,
sehingga siswa merasa belum memahami secara baik tentang nilai-nilai yang
terkandung di dalam buku teks tersebut.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Users 102 not found. |
Date Deposited: | 24 Aug 2016 04:26 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 04:26 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/184 |