MILA, AFRIANA ANA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERMUATAN KARAKTER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MATERI ARITMATIKA SOSIAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 JELIMPO. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
abstrak.pdf - Published Version
Download (92kB)
bab 1.pdf - Published Version
Download (251kB)
bab 2.pdf - Published Version
Download (482kB)
bab 3.pdf - Published Version
Download (371kB)
bab 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (401kB)
bab 5.pdf - Published Version
Download (93kB)
daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (100kB)
Abstract
Tujuan penelitin ini adalah untuk mengetahui hasil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terhadap penerapan model pembelajaran problem posing bermuatan karakter dalam materi aritmatika sosial kelas VII SMP Negeri 1 Jelimpo. Adapun tujuan khusus dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Rata-rata hasil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum diterapkan model pembelajaran problem posing bermuatan karakter pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jelimpo. 2) Rata-rata hasil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sesudah diterapkan model pembelajaran problem posing bermuatan karakter pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jelimpo. 3) Peningkatan yang signifikan pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diterapkan model pembelajaran problem posing bermuatan karakter pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jelimpo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Designs. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Jelimpo. Sampel dalam penelitian ini yaitu 15 siswa kelas VII A. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran dan alat pengukuran data dalam penelitian ini adalah tes uraian dan bentuk essay. Berdasarkan hasil penelitian, analisis dan pembahasan yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan umum bahwa penerepan model pembelajaran problem posing bermuatan karakter terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam materi aritmatika sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jelimpo
diuraikan sebagai berikut: 1) Rata-rata hasil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum diterapkan model pembelajaran problem posing bermuatan karakter pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jelimpo di peroleh nilai rata-rata sebesar 49,33 dalamkriteria cukup. 2) Rata-rata hasil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sesudah diterapkan model pembelajaran problem posing bermuatan karakter pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jelimpo
diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,6 dalam kriteria baik. 3) Peningkatan yang signifikan pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diterapkan model pembelajaran problem posing bermuatan karakter pada siswa kelas VII
SMP Negeri 1 Jelimpo diperoleh nilain gain score sebesar 7,79 yang tergolong dalam kriteria baik.
Kata kunci: Model Problem Posing, Karakter, Kemampuan Masalah, Aritmatika Sosial
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 30 Aug 2023 08:17 |
Last Modified: | 30 Aug 2023 08:17 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1822 |