Search for collections on digilib

ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE PROGRAMME INTERNATIONAL STUDENT ASSESSMENT (PISA) DALAM KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

SABILA, DAVA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE PROGRAMME INTERNATIONAL STUDENT ASSESSMENT (PISA) DALAM KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (84kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (351kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (295kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (446kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (10kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (228kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditori dan kinestetik dalam menyelesikan soal tipe programme international student assesment (PISA) dalam
konten change and relationship. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 9 dari 25 siswa dari kelas VIII G di SMP Negeri 17 Pontianak yang masing-masing memiliki gaya belajar visual, auditori
dan kinestetik serta memiliki kemampuan literasi matematika tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data yaitu pengisian angket gaya belajar, tes tertulis kemampuan literasi matematika, dan wawancara. Adapun indikator kemampuan literasi matematika yaitu: 1) Mengidentifikasi aspek-aspek matematika dalam permasalahan yang terdapat pada situasi konteks nyata serta menentukan variabel yang penting, 2) Mengubah permasalahan menjadi bahasa matematika atau bentuk matematika yang sesuai ke dalam bentuk variabel atau gambar yang sesuai, 3) Menerapkan rancangan bentuk matematika untuk menemukan solusi matematika, 4) Menafsirkan atau mengevaluasi solusi matematika dalam konteks masalah
dunia nyata. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan kemampuan literasi matematika tinggi pada siswa dengan gaya belajar visual mampu melalui indikator 1, 2, dan 3, pada siswa dengan gaya belajar auditori mampu melalui indikator 1 dan 2, serta pada siswa dengan gaya belajar auditori mampu melalui 4 indikator. Sedangkan kemampuan literasi matematika sedang pada siswa dengan gaya belajar visual mampu melalui indikator 1 dan 2, pada siswa dengan gaya belajar auditori mampu melalui indikator 1 dan 2, serta pada siswa dengan gaya belajar auditori mampu melalui 2 dan 3. Kemudian kemampuan literasi matematika rendah pada siswa dengan gaya belajar visual, auditori dan kinestetik tidak mampu melalui semua indikator.

Kata Kunci: Kemampuan Literasi Matematika, PISA, Gaya Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 24 Aug 2023 08:30
Last Modified: 24 Aug 2023 08:30
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1786

Actions (login required)

View Item
View Item