FITRIANINGSIH, IKIP (2016) KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI OPERASI HIMPUNAN DI KELAS VII MTs. AL IRSYAD PONTIANAK. Other thesis, IKIP PGRI.
Abstrak.pdf - Accepted Version
Download (300kB)
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (414kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Download (308kB)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (304kB)
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (643kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (870kB)
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (805kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan
pemahaman matematis siswa melalui model pembelajaran problem solving pada
materi operasi himpunan di kelas VII MTs. Al Irsyad Pontianak. Tujuan
khususnya adalah: (1) Untuk mengetahui kemampuan pemahaman matematis
siswa pada aspek translasi melalui model pembelajaran problem solving pada
materi operasi himpunan. (2) Untuk mengetahui kemampuan pemahaman
matematis siswa pada aspek interpretasi melalui model pembelajaran problem
solving pada materi operasi himpunan. (3) Untuk mengetahui kemampuan
pemahaman matematis siswa pada aspek ekstrapolasi melalui moel pembelajaran
problem solving pada materi operasi himpunan. (4) Untuk mengetahui
peningkatan yang signifkan pada kemampuan pemahaman matematis siswa
setelah diajarkan dengan moedl pembelajaran problem solving.
Metode ini adalah penelitian eksperimen dengan bentuk penelitian pre-eksperimental design dan rancangan penelitian one group pretest posttest design.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTs. Al Irsyad
Pontianak yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 1 kelas
yaitu kelas VII A yang dipilih dengan teknik cluster sampling. Sebelum pemilihan
sampel dilakukan uji homogenitas variansi populasi dengan uji Bartlet. Teknik
pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengukuran
dengan alat pengumpul data yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data yang
digunakan untuk menjawab masalah 1, 2 dan 3 menggunakan statistik deskriptif
dengan rumus rataan (mean) pada masing-masing aspek kemampuan pemahaman
matematis, untuk menjawab masalah 4 digunakan statistik inferensial dengan
langkah pertama melakukan uji normalitas dengan chi square, karena data
berdistribusi normal dilanjutkan dengan uji t.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 102 not found. |
Date Deposited: | 23 Aug 2016 03:27 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 03:27 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/177 |