Search for collections on digilib

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL DI KELAS X SMA NEGERI 1 TAMBELAN

MUHENDRA, RIZAL (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL DI KELAS X SMA NEGERI 1 TAMBELAN. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (6kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (282kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (428kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (337kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (86kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (284kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mendapatkan informasi secara objektif mengenai Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Di Kelas X SMA Negeri 1 Tambelan. Adapun secara khusus tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bagaimana kemampuan berpikir kreatif matematis siswa menurut tingkat kemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal pada materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel di kelas X
SMA Negeri 1 Tambelan; (2) Bagaimana kemampuan berpikir kreatif matematis siswa menurut tingkat kemampuan sedang dalam menyelesaikan soal pada materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel di kelas X SMA Negeri 1 Tambelan; (3) Bagaimana kemampuan berpikir kreatif matematis siswa menurut tingkat kemampuan rendah dalam menyelesaikan soal pada materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel di kelas X SMA Negeri 1 Tambelan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian metode deskriptif. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus (case study). Siswa yang menjadi subjek penelitian dibagi menjadi tiga kelompok yakni kelompok tinggi, kelompok sedang, dan kelompok rendah. Masing-masing kelompok dipilih 1 orang siswa untuk diwawancarai dan dianalisis datanya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data dan penyajian data. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Siswa dengan kemampuan bepikir kreatif tinggi memenuhi ketiga aspek kemampuan berpikir
kreatif matematis yaitu aspek kefasihan, aspek fleksibelitas dan aspek kebaruan; (2) Siswa dengan kemampuan berpikir kreatif matematis sedang menunjukan bahwa tidak memenuhi ketiga aspek kemampuan berpikir kreatif matematis yaitu
aspek fleksibelitas dan aspek kebaruan, sementara hanya aspek kefasihan saja yang dimiliki siswa tersebut; (3) Siswa dengan kemampuan berpikir kreatif matematis rendah siswa tersebut tidak memiliki kemampuan mendeteksi, mengenali, dan memahami serta menanggapi suatu pernyataan, situasi, atau
masalah kemudian tidak memiliki kemampuan untuk mengemukakan bermacam�macam pemecahan atau pendekatan terhadap masalah serta kemampuan untuk mencetuskan gagsan dengan cara-cara yang asli, tidak klise, dan jarang diberikan kebanyakan orang.

Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 11 Aug 2023 07:48
Last Modified: 11 Aug 2023 07:48
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1746

Actions (login required)

View Item
View Item