MUHENDRA, RIZAL (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL DI KELAS X SMA NEGERI 1 TAMBELAN. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (6kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (282kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (428kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (337kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (179kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (284kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mendapatkan informasi secara objektif mengenai Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Di Kelas X SMA Negeri 1 Tambelan. Adapun secara khusus tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bagaimana kemampuan berpikir kreatif matematis siswa menurut tingkat kemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal pada materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel di kelas X
SMA Negeri 1 Tambelan; (2) Bagaimana kemampuan berpikir kreatif matematis siswa menurut tingkat kemampuan sedang dalam menyelesaikan soal pada materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel di kelas X SMA Negeri 1 Tambelan; (3) Bagaimana kemampuan berpikir kreatif matematis siswa menurut tingkat kemampuan rendah dalam menyelesaikan soal pada materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel di kelas X SMA Negeri 1 Tambelan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian metode deskriptif. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus (case study). Siswa yang menjadi subjek penelitian dibagi menjadi tiga kelompok yakni kelompok tinggi, kelompok sedang, dan kelompok rendah. Masing-masing kelompok dipilih 1 orang siswa untuk diwawancarai dan dianalisis datanya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data dan penyajian data. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Siswa dengan kemampuan bepikir kreatif tinggi memenuhi ketiga aspek kemampuan berpikir
kreatif matematis yaitu aspek kefasihan, aspek fleksibelitas dan aspek kebaruan; (2) Siswa dengan kemampuan berpikir kreatif matematis sedang menunjukan bahwa tidak memenuhi ketiga aspek kemampuan berpikir kreatif matematis yaitu
aspek fleksibelitas dan aspek kebaruan, sementara hanya aspek kefasihan saja yang dimiliki siswa tersebut; (3) Siswa dengan kemampuan berpikir kreatif matematis rendah siswa tersebut tidak memiliki kemampuan mendeteksi, mengenali, dan memahami serta menanggapi suatu pernyataan, situasi, atau
masalah kemudian tidak memiliki kemampuan untuk mengemukakan bermacam�macam pemecahan atau pendekatan terhadap masalah serta kemampuan untuk mencetuskan gagsan dengan cara-cara yang asli, tidak klise, dan jarang diberikan kebanyakan orang.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 11 Aug 2023 07:48 |
Last Modified: | 11 Aug 2023 07:48 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1746 |