Search for collections on digilib

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VII SMP BRUDER PONTIANAK

LALA, CRYSANTI (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VII SMP BRUDER PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf - Published Version

Download (292kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (302kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (557kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (462kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (198kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (244kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan penelitian kualitatif. Bentuk penelitian ini adalah studi kasus. Adapun kasus yang ingin diteliti adalah kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah matematis ditinjau dari gaya kognitif siswa kelas VII SMP Bruder Pontianak. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Bruder Pontianak, jalan Arif Rahman Hakim, No. 92, Darat Sekip, Kecamatan Pontianak Kota, Kalimantan Barat. Instrumen yang digunakan berupa tes instrumen Matching Familiar Figure Test (MFFT) untuk mengelompokkan gaya kognitif siswa, soal tes essay kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah matematis, dan serta non tes berupa wawancara dan dokumentasi. Adapun yang akan menjadi subjek dalam penelitian ini adalah 34 siswa kelas VII G SMP Bruder Pontianak tahun ajaran 2023/2024. Hasil penelitian ini berdasarkan pengelompokkan tes instrumen MFFT didapatkan hasil yang masuk kedalam kelompok gaya kognitif reflektif dengan kriteria waktu (t) > 7.28 menit dan frekuensi (f) 7 yaitu ada 19 siswa, kategori implusif dengan kriteria waktu (t) 7.28 menit dan frekuensi (f) < 7 yaitu ada 3 siswa, dan kategori lambat tidak cermat dengan kriteria waktu (t) > 7.28 menit dan frekeunsi (f) < 7 yaitu ada 12 siswa. Sedangkan berdasarkan perhitungan hasil tes didapatkan hasil kelompok tinggi dengan kriteria ≥ yaitu 3 ada siswa, kelompok sedang dengan kriteria yaitu ada 2 siswa, kelompok rendah dengan kriteria 11,65 yaitu ada 29 siswa. Berdasarkan hasil tes dan wawancara kemampuan berpikir kritis siswa terhadap memecahkan masalah matematis berdasarkan gaya kognitif reflektif, implusif, dan lambat tidak cermat, dapat diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis terhadap memecahkan masalah matematis siswa yang cenderung memiliki gaya kognitif reflektif lebih baik dibandingkan dengan siswa yang cenderung memiliki gaya kognitif implusif dan lambat tidak cermat.

Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Memecahkan Masalah, Gaya Kognitif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 11 Aug 2023 07:48
Last Modified: 11 Aug 2023 07:48
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1744

Actions (login required)

View Item
View Item