Search for collections on digilib

PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PADA MATERI INTEGRAL KELAS XI SMAS MUJAHIDIN

RAHMAH, CERI (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PADA MATERI INTEGRAL KELAS XI SMAS MUJAHIDIN. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (190kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (383kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (395kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (377kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (746kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (149kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (189kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video pembelajaran dengan model problem based learning terhadap kemampuan pemahaman matematis pada materi integral kelas XI SMAS Mujahidin. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) model Borg and Gall dengan tujuh tahapan yang digunakan. Subjek pengembangan
produk pada penelitian ini adalah validator ahli media yaitu dua orang dosen pendidikan TI dan satu orang guru mata pelajaran matematika, ahli materi yaitu dua orang dosen pendidikan matematika dan satu orang guru mata pelajaran
matematika, serta subjek uji coba produk adalah siswa kelas XI MIPA I SMAS Mujahidin dengan 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dengan instrumen penelitian berupa lembar validasi dan angket respon, serta teknik pengukuran berupa tes uraian. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka kesimpulan dalam penelitian ini adalah video pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan hasil validasi ahli media dan ahli materi diperoleh kevalidan dengan persentase sebesar 86.11% dengan kriteria sangat valid; kepraktisan diperoleh dari angket respon guru dan respon siswa dengan persentase sebesar 87,98% dengan kriteria sangat praktis; dan keefektifan diukur dari hasil tes siswa memperoleh persentase sangat efektif.

Kata Kunci: Video Pembelajaran, Problem Based Learning, Kemampuan Pemahaman Matematis, Research and Development

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 11 Aug 2023 05:49
Last Modified: 11 Aug 2023 05:49
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1738

Actions (login required)

View Item
View Item