ALATRI, FARHAN RAMADHAN MUHAMAD (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA MATERI KONDISI MASYARAKAT INDONESIA PADA MASA PENJAJAHAN KELAS VIII SMP NEGERI 16 PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (146kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (192kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (211kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (321kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (752kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (152kB)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (93kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Mengembangkan produk berupa media pembelajaranberbasis video animasi pada materi kondisi masyarakat Indonesia pada masa penjajahan, (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis video animasi pada materi kondisi masyarakat Indonesia pada masa penjajahan, (3) Respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis video animasi pada materi kondisi masyarakat Indonesia pada masa penjajahan. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian R&D dengan menggunakan model ADDIE, teknik pengumpulan data menggunakan teknik komunikasi langsung, komunikasi tidak langsung, dan teknik dokumenter, dengan alat pengumpulan data ialah wawancara, angket, dan dokumen. Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil ahli media dengan nilai rata-rata persentase 92% dengan kategori “Sangat Layak”, dan berdasarkan ahli materi diperoleh skor rata-rata persentase 97% dengan kategori “Sangat Layak”. Untuk hasil uji coba respon siswa dengan berjumlah 28 siswa mendapatkan perolehan skor rata-rata 80% dengan dikategorikan “Sangat Layak” digunakan.
Kata Kunci: Pengembangan, Media pembelajaran berbasis video animasi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 06:06 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 06:06 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1709 |