SARIWATI, JANURIAH (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 16 PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (154kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (186kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (277kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (359kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (389kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Menggunakan Metode Mind mapping Pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 16 Pontianak”. Masalah umum dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Menggunakan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 16 Pontianak. Adapun sub masalah sebagai
berikut: 1) Bagaimana proses pembelajaran menulis teks berita menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 16 Pontianak?. 2) Bagaimana hasil pembelajaran menulis teks berita menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 16 Pontianak?. 3) Apakah ada
peningkatan dalam menulis teks berita menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 16 Pontianak?.
Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran menulis teks berita menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 16 Pontianak. Adapun tujuan khusus adalah sebagai beriku: 1) Mendeskripsikan proses menuli teks berita
menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 16 Pontianak. 2) Mendeskripsikan hasil pembelajaran menulis teks berita menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 16 Pontianak. 3) Mendeskripsikan peningkatan menulis teks berita menggunakan
metode mind mapping pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 16 Pontianak.
Pada penelitian ini menggunakan dua variabel yakni variabel tindakan dan variabel hasil. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan bentuk penelitian ini adalah tindakan kelas (PTK). Penelitian ini
dilaksanakan di SMP Negeri 16 Pontianak. Data yang ada dalam penelitian ini merupakan isi dari proses pembelajaran penulis berita dan hasil kemampuan siswa dalam proses pembelajaran penulis berita dengan metode pembelajaran mind
mapping. Sumber dalam data penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII E SMP Negeri 16 Pontianak yang terdiri dari 17 siswa laki laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpul data yang di gunakan
yakni berupa teknik observasi langsung, komuikasi langsung, teknik pengukuran, dan studi dokumentar. Teknik analisis data yang di gunakan yakni yaitu teknik analisis kritis untuk data kualitatif dan teknik statistik deskriptif komparatif untuk data kuantitatif.
Berdasarkan hasil dari penelitian yang sudah dilakukan sebanyak dua siklus yang dapat di simpulkan bahwa terjadi peningkatan dalam kemampuan dalam menulis teks berita menggunakan metode mind mapping kepada siswa kelas VIII
E SMP Negeri 16 pontianak tahun ajaran 2022/2023. Kesimpulan proses pembelajaran kemampuan menulis berita menggunakan metode mind mapping kepada kelas VIII E SMP Negeri 16 pontianak berjalan lancar dan sesuai harapan. Hal ini dapat di lihat dari persentase hasil observasi guru dan siswa
mengalami peningkatan dari siklus I obsevasi guru dengan persentase 68,05% yang di kategorikan cukup dan siswa 65,27% kategori cukup. Pada siklus II hasil observasi guru meningkat terjadi 84,72% di kategorikan sangat baik dan siswa juga mengalami peningkatan dengan persentase 83,33% kategori sangat baik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks berita menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 16 pontianak berjalan dengan lancar dan mengalami peningkatan. siswa dalam menulis teks berita dengan nilai rata rata siswa semakin meningkat dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada pra siklus nilai rata rata siswa hanya mencapai 73,42 dan pada siklus I menjadi 75,15 dan meningkat lagi pada siklus II dengan nilai rata rata 83,28.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 15 May 2023 07:53 |
Last Modified: | 15 May 2023 07:53 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1662 |