YONAS, RUNYIP (2023) PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL DENGAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN PPKN DI SMA NEGERI 1 TAYAN HULU KABUPATEN SANGGAU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (148kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (179kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (190kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (190kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (379kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (149kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (216kB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Pemanfaatan Media digital dengan aplikasi Google classroom Pada Pembelajaran PPKn Di SMA Negeri 1 Tayan Hulu Kabupaten Sanggau ”. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pemanfaatan media digital dengan aplikasi google classroom pada pembelajran PPKn di SMA Negeri 1 Tayan Hulu Kabupaten Sanggau, adapun tujuan kusus dalam penelitian ini 1) untuk mengetahui persiapan guru dalam memfaatkan media google classroo pada pembelajaran PPKn Di SMA Negeri 1 Tayan Hulu 2) untuk mengetahui pelaksanaan guru dalam memfaatkan media google classroo pada pembelajaran PPKn Di SMA Negeri 1 Tayan Hulu 3) untuk mengetahui hambatan guru dalam memfaatkan media google classroom pada pembelajaran PPKn Di SMA Negeri 1 Tayan Hulu. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif, subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran PPKn dan siswa kelas XII IPS. Dengan prosedur penelitian yaitu persiapan, pelaksanaan dan hambatan, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung dan teknik studi
dokumenter dengan alat pengumpulan data yaitu penduan observasi, panduan wawancara dan studi dokumentasi, teknik analisa data yaitu reduction, data display, conclusion drawing/verification, dengan teknik validitas data triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dalam pemanfaatan media google classroom dalam menyampaikan isi materi oleh guru dapat diterima siswa dengan baik. Namum beberapa siswa
berpendapat materi yang melalui file pdf susah untuk di pahami karena singkat. Dalam proses pembelajaran juga terdapat hambatan seperti faktor sinyal dan kehabisan kuota. Walaupun terdapat hambatan siswa tetap melaksanakan aktivitas belajar dengan baik menggunakan Google Classroom.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Google Classroom, Pembelajaran PPKn
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 29 Mar 2023 07:08 |
Last Modified: | 29 Mar 2023 07:08 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1619 |