ERVIN, ERVIN (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL KELAS X SMK PELAYARAN PEMBANGUNAN PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (151kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (168kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (263kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (348kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (595kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (152kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (156kB)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Kelas X SMK Pelayaran Pembangunan Pontianak” pada materi logika algoritma dan peta minda . Adapun masalah yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengembangan Flipbook sebagai media pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di kelas X SMK Pelayaran Pembangunan
Pontianak? (2) Bagaimana kelayakan Flipbook sebagai media pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di kelas X SMK Pelayaran Pembangunan Pontianak? (3) Bagaimana respon siswa terhadap media Flipbook dalam pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital kelas X SMK Pelayaran Pembangunan Pontianak?
Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui pengembangan media Flipbook pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. (2) Mengetahui kelayakan media Flipbook dalam pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. (3)
Mengetahui respon siswa terhadap media Flipbook dalam pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Metode peneltian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
pengemangan Research And Development (R&D), dengan rancangan penelitian menggunakan model pengembangan 4D yang merupakan singkatan dari Define,Design,develop,dan Disseminate. Uji coba produk dilakukan dalam 2 kelompok yaitu uji coba skala kecil dilakukan kepada 3 orang siswa dan uji respon siswa dilakukan pada 10 siswa kelas X SMK Pelayaran pembangunan Pontianak. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini menggunakan 3 jenis yaitu dokumentasi, komunikasi langsung, dan komunikasi tidak langsung. Untuk menjawab rumusan masalah yang pertama adalah materi yang digunakan yaitu media pembelajaran flipbook dengan langkah-langkah pengembangan 4D. untuk menjawab rumusan masalah yang kedua dan ketiga untuk mengetahui kelayakan dan responden siswa dengan menggunakan analisis data kualitatif dan
kuantitatif.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah berdasarkan hasil penelitian validasi ahli media diperoleh presentase yaitu 73% dengan kategori Layak. Kemudian untuk validasi ahli materi diperoleh presentase 80% dengan kategori Layak. Untuk ujicoba skala kecil pada 3 siswa SMK Pelayaran Pembangunan Pontianak dengan mencakup aspek penyajian, kegrafikan, kebahasaan, dan manfaat diperoleh total klasifikasi media flipbook sebesar 4,35 dengan kategori Sangat Baik. Untuk hasil uji respon siswa pada 10 orang siswa, maka diperoleh jumlah keseluruhan dengan total klasifikasi media flipbook sebesar 4,39 dengan kategori Sangat Baik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 28 Mar 2023 08:56 |
Last Modified: | 28 Mar 2023 08:56 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1609 |