SINDI, PABIANI (2023) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA SMK NEGERI 1 SADANIANG PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS PERCETAKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
Abstrak.pdf - Published Version
Download (160kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (149kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (249kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (208kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (366kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (87kB)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (109kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk pelaksanaan model pembelajaran Quantum Learning, keterampilan siswa saat menerapkan model pembelajaran Quantum Learning dan peningkatan keterampilan belajar siswa pada mata pelajaran desain grafis percetakan melalui model pembelajaran Quantum Learning kelas Xl MM SMK Negeri 1 Sadaniang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan proses penelitian (1) Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning, (2) merencanakan bentuk tindakan pada siklus II berdasarkan hasil refleksi siklus I.
Sedangkan indikator menunjukan adanya peningkatan keterampilan belajar siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MM SMK Negeri 1 Sadaniang semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022, yang berjumlah 23 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I terdapat 52% siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran dengan sangat baik, sedangkan pada siklus II terdapat 83% siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran dengan sangat baik, terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II setelah menerapkan model pembelajaran Quantum Learning. Pada siklus I terdapat 52% siswa yang lulus KKM dengan rata-rata hasil belajar 68,59, dan pada pada siklus II terdapat 87%
siswa yang lulus KKM dengan rata-rata hasil belajar 75,50. Dan Keterampilan siswa pada mata pelajaran mengalami peningkatan sesuai dengan tahapan TANDUR. Keterampilan siswa meningkat karena kegiatan praktikum yang berulang, serta model Quantum Learning dapat meningkatkan keterampilan siswa
dalam belajar. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning pada mata pelajaran desain grafis percetakan di SMK Negeri 1 Sadaniang dapat meningkatkan keterampilan belajar siswa.
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Keterampilan Belajar, Quantum Learning
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 07:56 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 07:56 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1574 |