SYUMNERI, SYUMNERI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA PERMAINAN UNDIAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI POLA BILANGAN. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (83kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (174kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (219kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (316kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (315kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (85kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (161kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning dengan media permainan undian dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan bentuk penelitian Pre-Eksperimental Designs, Adapun rancangan yang digunakan yaitu One Group Pretest-Postest Desigin. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas VIII A dan kelas VIII B. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B yang terdiri dari 20 siswa dengan pemilihan subjek berdasarkan Teknik cluster random sampling. Adapun Teknik pengumpul data yang digunakan yaitu teknik pengukuran dengan alat pengumpul data berupa soal tes dalam bentuk essay. Teknik analisis data yang digunakan adalah anava satu
jalur sel tak sama, dengan uji lanjut menggunakan metode scheffe. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan
melalui model pembelajaran problem based learning menggunakan media undian dengan kategori tinggi.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Media Permainan Undian,
Kemampuan Pemecahan Masalah
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 21 Mar 2023 07:18 |
Last Modified: | 21 Mar 2023 07:18 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1553 |