Search for collections on digilib

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO INTERAKTIF MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA KELAS XI SMAN 1 PUTUSSIBAU

YOGA, ADITIAWAN (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO INTERAKTIF MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA KELAS XI SMAN 1 PUTUSSIBAU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of SKRIPSI YOGA cover lengkap.pdf] Text
SKRIPSI YOGA cover lengkap.pdf - Published Version

Download (712kB)
[thumbnail of SKRIPSI YOGA BAB I.pdf] Text
SKRIPSI YOGA BAB I.pdf - Published Version

Download (176kB)
[thumbnail of SKRIPSI YOGA BAB II.pdf] Text
SKRIPSI YOGA BAB II.pdf - Published Version

Download (195kB)
[thumbnail of SKRIPSI YOGA BAB III.pdf] Text
SKRIPSI YOGA BAB III.pdf - Published Version

Download (329kB)
[thumbnail of SKRIPSI YOGA BAB IV.pdf] Text
SKRIPSI YOGA BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI YOGA BAB V.pdf] Text
SKRIPSI YOGA BAB V.pdf - Published Version

Download (148kB)
[thumbnail of SKRIPSI YOGA DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
SKRIPSI YOGA DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (157kB)

Abstract

Pembelajaran merupakan aktualisasi kurikulum yang menuntut aktivitas, kreatifitas, dan kearifan guru dalam menciptakan dan menumbuhkan kegiatan peserta didik sesuai dengan rencana yang telah diprogramkan secara efektif dan menyenangkan. Dalam proses menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, guru harus mengetahui hakikat dari pembelajaran itu sendiri yaitu bahwa pembelajaran merupakan proses komunikasi dua arah yang nantinya diharapkan dapat memberikan dampak yang positif bagi penyerapan materi ajar oleh siswa. Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, manusia saat ini banyak dituntut untuk selalu ikut serta dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Media pembelajaran berbasis video interaktif dapat dijadikan suatu solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Video interaktif adalah media pembelajaran yang di dalamnya mengkombinasikan unsur suara, gerak, gambar, teks, animasi ataupun grafik yang bersifat interaktif untuk menghubungkan media pembelajaran tersebut dengan penggunanya.
Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Sugiyono (2016: 407) menyampaikan bahwa Research and Development merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menciptakan produk tertentu dan membuktikan keefektifan produk tersebut. Sementara dalam bidang pendidikan Branch (2009:17) mengembangkan produk yang berupa desain pembelajaran dengan pendekatan ADDIE, yang merupakan singkatan dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation.
Media pembelajaran berbasis video interaktif pada mata pelajaran system pencernaan pada manusia telah teruji kelayakannya oleh ahli media diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 88,05% dengan kategori “Sangat Layak”. Sedangkan hasil pengujian oleh ahli materi diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 89,92% dengan kategori “Sangat Layak”. Adapun hasil respon siswa dengan skor akhir 87,17 yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Sehingga secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak digunakan. Peneliti melakukan perancangan media pembelajaran berdasarkan hasil pada tahap analisis.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Interaktif, Kelayakan, Sistem Pencernaan Pada Manusia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 20 Mar 2023 08:42
Last Modified: 20 Mar 2023 08:42
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1521

Actions (login required)

View Item
View Item