YOGA, ADITIAWAN (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO INTERAKTIF MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA KELAS XI SMAN 1 PUTUSSIBAU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
SKRIPSI YOGA cover lengkap.pdf - Published Version
Download (712kB)
SKRIPSI YOGA BAB I.pdf - Published Version
Download (176kB)
SKRIPSI YOGA BAB II.pdf - Published Version
Download (195kB)
SKRIPSI YOGA BAB III.pdf - Published Version
Download (329kB)
SKRIPSI YOGA BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
SKRIPSI YOGA BAB V.pdf - Published Version
Download (148kB)
SKRIPSI YOGA DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (157kB)
Abstract
Pembelajaran merupakan aktualisasi kurikulum yang menuntut aktivitas, kreatifitas, dan kearifan guru dalam menciptakan dan menumbuhkan kegiatan peserta didik sesuai dengan rencana yang telah diprogramkan secara efektif dan menyenangkan. Dalam proses menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, guru harus mengetahui hakikat dari pembelajaran itu sendiri yaitu bahwa pembelajaran merupakan proses komunikasi dua arah yang nantinya diharapkan dapat memberikan dampak yang positif bagi penyerapan materi ajar oleh siswa. Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, manusia saat ini banyak dituntut untuk selalu ikut serta dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Media pembelajaran berbasis video interaktif dapat dijadikan suatu solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Video interaktif adalah media pembelajaran yang di dalamnya mengkombinasikan unsur suara, gerak, gambar, teks, animasi ataupun grafik yang bersifat interaktif untuk menghubungkan media pembelajaran tersebut dengan penggunanya.
Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Sugiyono (2016: 407) menyampaikan bahwa Research and Development merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menciptakan produk tertentu dan membuktikan keefektifan produk tersebut. Sementara dalam bidang pendidikan Branch (2009:17) mengembangkan produk yang berupa desain pembelajaran dengan pendekatan ADDIE, yang merupakan singkatan dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation.
Media pembelajaran berbasis video interaktif pada mata pelajaran system pencernaan pada manusia telah teruji kelayakannya oleh ahli media diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 88,05% dengan kategori “Sangat Layak”. Sedangkan hasil pengujian oleh ahli materi diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 89,92% dengan kategori “Sangat Layak”. Adapun hasil respon siswa dengan skor akhir 87,17 yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Sehingga secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak digunakan. Peneliti melakukan perancangan media pembelajaran berdasarkan hasil pada tahap analisis.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Interaktif, Kelayakan, Sistem Pencernaan Pada Manusia
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 08:42 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 08:42 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1521 |