HELMINA, APRIDA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 SUNGAI KAKAP. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (290kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (426kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (1MB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (696kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (392kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (294kB)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Sungai Kakap”
Masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi pokok Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia mata pelajaran Geografi di Kelas XI IPS SMA
Negeri 3 Sungai Kakap? 2). Bagaimana kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi pokok Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia mata pelajaran Geografi di Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Sungai Kakap? 3)
Bagaimana respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi pokok Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia mata pelajaran Geografi di Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Sungai Kakap? Adapun
tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui: 1). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi pokok Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia mata pelajaran Geografi di Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Sungai Kakap. 2). Kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi pokok Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia mata pelajaran Geografi di Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Sungai Kakap. 3). Respon siswa setelah
menggunakan pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi pokok Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia mata pelajaran Geografi di Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Sungai Kakap.
Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D)
dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari subjek pengembangan yaitu; 2 ahli media dan 1 ahli materi, dan subjek uji coba yaitu; 58
siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Sungai Kakap. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatitf dan kuantitatif. Hasil penelitian media pembelajaran memperoleh skor 86,6% tergolong dalam kategori Sangat Layak oleh ahli media dan memperoleh skor 90% kategori sangat layak oleh ahli materi. Sedangkan respon siswa mempeoleh skor 87,75% kategori sangat baik.
Kesimpulan dari skripsi ini berdasarkan skor yang diperoleh maka media pembelajaran yang sudah dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran Geografi khususnya pada materi Flora dan fauna di Indonesia dan Dunia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 13 Mar 2023 08:49 |
Last Modified: | 13 Mar 2023 08:49 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1518 |