Search for collections on digilib

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 SUNGAI KAKAP

HELMINA, APRIDA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 SUNGAI KAKAP. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (290kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (426kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (696kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (392kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (294kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Sungai Kakap”
Masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi pokok Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia mata pelajaran Geografi di Kelas XI IPS SMA
Negeri 3 Sungai Kakap? 2). Bagaimana kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi pokok Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia mata pelajaran Geografi di Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Sungai Kakap? 3)
Bagaimana respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi pokok Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia mata pelajaran Geografi di Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Sungai Kakap? Adapun
tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui: 1). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi pokok Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia mata pelajaran Geografi di Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Sungai Kakap. 2). Kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi pokok Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia mata pelajaran Geografi di Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Sungai Kakap. 3). Respon siswa setelah
menggunakan pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi pokok Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia mata pelajaran Geografi di Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Sungai Kakap.
Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D)
dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari subjek pengembangan yaitu; 2 ahli media dan 1 ahli materi, dan subjek uji coba yaitu; 58
siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Sungai Kakap. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatitf dan kuantitatif. Hasil penelitian media pembelajaran memperoleh skor 86,6% tergolong dalam kategori Sangat Layak oleh ahli media dan memperoleh skor 90% kategori sangat layak oleh ahli materi. Sedangkan respon siswa mempeoleh skor 87,75% kategori sangat baik.
Kesimpulan dari skripsi ini berdasarkan skor yang diperoleh maka media pembelajaran yang sudah dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran Geografi khususnya pada materi Flora dan fauna di Indonesia dan Dunia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 13 Mar 2023 08:49
Last Modified: 13 Mar 2023 08:49
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1518

Actions (login required)

View Item
View Item