DITA, AUDILA (2023) POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP TANGGUNG JAWAB DALAM BELAJAR PADA SISWA. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (150kB)
BAB I(3).pdf - Published Version
Download (169kB)
BAB II(7).pdf - Published Version
Download (360kB)
BAB III(4).pdf - Published Version
Download (311kB)
BAB IV(9).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (197kB)
BAB V(5).pdf - Published Version
Download (162kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (153kB)
Abstract
Skripsi ini berjudul: Pola Asuh Orang Tua Terhadap Tanggung Jawab Belajar Pada Siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana gambaran pola asuh orang tua dalam mendukung kegiatan belajar anak ?, (2) apakah pola asuh orang tua dapat memberi pengaruh terhadap hasil belajar anak ?, (3) bagaimana gambaran penerapan pola asuh orang tua yang tepat dalam mendisiplinkan rasa tanggung jawab dan motivasi belajar pada anak ?, dengan tujuan adalah sebagai berikut: (1) untuk mengetahui pola asuh orang tua dalam proses belajar anak, (2) untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar pada anak, (3) untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dalam disiplin belajar pada anak.
Variabel dalam penelitian ini adalah pola asuh orang tua terhadap tanggung jawab dalam belajar, populasi yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah warga desa Kampung Tanjung RT/RW 04/02 dan RT/RW 06/03 Kabupaten Mempawah yang berjumlah 105 Kartu Keluarga (KK), sampel yang diambil dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik komunikasi langsung, teknik komunikasi tidak langsung, teknik studi documenter dengan alat pengumpulan data pedoman wawancara. Skala psikologi, dokumentasi, analisis data yang dilakukan selama penelitian
berlangsung untuk sub masalah 1 menggunakan skala psikologis untuk sub masalah 2 dan 3 menggunakan pedoman wawancara.
Secara spesifik hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) gambaran pola asuh orang tua terhadap tanggung jawab belajar, (2) pengaruh pola asuh orang tua terhadap tanggung jawab belajar siswa, (3) gambaran pola asuh orang tua yang
tepat dalam meningkatkan tanggung jawab dan motivasi belajar siswa, dengan aspek pola asuh otoriter mendapatkan skor aktual 816 dengan skor ideal 1400 dengan presentase 58%, sedangkan aspek pola asuh demokratis mendapatkan skor
aktual 1122, dengan skor ideal 1400, dengan presentase 80%, dan untuk aspek pola asuh premitif mendapatkan skor aktual 633, dengan skor ideal 1400, dengan presentase 45%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 03 Mar 2023 08:25 |
Last Modified: | 03 Mar 2023 08:25 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1488 |