Search for collections on digilib

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI FUNGSI DAN PROSES KERJA PERALATAN TIK DI SMA PELITA NGABANG

TIRSA, MARISA (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI FUNGSI DAN PROSES KERJA PERALATAN TIK DI SMA PELITA NGABANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of Ringkasan Skripsi.pdf] Text
Ringkasan Skripsi.pdf - Published Version

Download (141kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (178kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (312kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (327kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (85kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (209kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Fungsi Dan Proses Kerja Peralatan TIK Di SMA Pelita Ngabang” dengan masalah umum yaitu: Bagaimana pengaruh media pembelajaran berbasis audio-visual terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi fungsi dan proses kerja peralatan TIK di SMA Pelita Ngabang?. Dengan sub masalah sebagai berikut: (1)Bagaimana rata�rata hasil belajar siswa kelas X SMA Pelita Ngabang sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran konvesional pada materi fungsi dan proses
kerja peralatan TIK? (2) Bagaimana rata-rata hasil belajar siswa kelas X SMA Pelita Ngabang sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis audio-visual pada materi fungsi dan proses kerja peralatan TIK? (3) Apakah
terdapat pengaruh hasil belajar siswa kelas X SMA Pelita Ngabang sebelum dan sesudah digunakan model pembelajaran konvesional dan pembelajaran berbasis audio-visual pada materi fungsi dan proses kerja peralatan TIK?
Bentuk penelitian yaitu menggunakan quasi experimental design dengan rancangan nonequivalent control group design yaitu rancangan yang menggunakan dua kali test yakni sebelum dan sesudah perlakuan. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan dua kelompok sampel yang terdiri dari tiga kelas populasi kemudian dipilih dua kelas yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu kelas X A sebagai kelas kontrol dan kelas X C sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen menggunakan perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis audio-visual sedangkan kelas kontrol
menggunakan metode ceramah.
Berdasarkan hasil output pengolahan data soal pretest dan posttest didapat nilai pretest mean (rata-rata) sebesar 63,20, nilai median 63,00 nilai standar deviasi 10,482, nilai minimum 43 dan nilai maximum 63. Untuk nilai postest mean sebesar 78,97, nilai median 78,00, nilai standar deviasi 7,386, nilai minimum 63 dan nilai maksimum 93. Dari analisis statistik menggunakan uji Wilcoxon menghasilkan signfikasi sebesar 0,000 artinya data tersebut lebih kecil
dari 0,05 maka Ha diterima bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis audio-visual. Hal tersebut menunjukan bahwa media pembelajaran berbasis audio-visual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dan baik untuk digunakan dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 03 Mar 2023 08:25
Last Modified: 03 Mar 2023 08:25
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1482

Actions (login required)

View Item
View Item