Search for collections on digilib

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN THUNKABLE BERBASIS MOBILE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM MATERI SEBARAN DAN PENGELOLAAN SDA INDONESIA KELAS XI SMA NEGERI 1 MATAN HILIR UTARA KABUPATEN KETAPANG

AGUNG, PRATAMA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN THUNKABLE BERBASIS MOBILE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM MATERI SEBARAN DAN PENGELOLAAN SDA INDONESIA KELAS XI SMA NEGERI 1 MATAN HILIR UTARA KABUPATEN KETAPANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (64kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (116kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (252kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf - Published Version

Download (170kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf - Published Version

Download (34kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (101kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Pembelajaran Menggunakan Thunkable Berbasis Mobile Learning Terhadapat Hasil Belajar Dalam Materi Sebaran dan Pengelolaan SDA Indonesia kelas XI SMA Negeri 1 Matan Hilir Utara Kabupaten Ketapang”. Penelitian ini bertujuan untuk
mengefektifkan proses pembelajaran tatap muka secara terbatas dengan menggunakan Thunkable berbasis mobile learning terhadap hasil belajar dalam materi sebaran dan pengelolaan SDA Indonesia kelas XI SMA Negeri 1 Matan Hilir
Utara Kabupaten Ketapang yang mencapai tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Penelitian ini menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan pokok, yaitu analisys (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan evolution (evaluasi). Yang dikembang oleh Dick and Carry 1996, Tahapan dalam penelitian ini hanya
dilakukan sampai tahapan implementasi. Hasil penelitian yang pertama adalah validasi aplikasi mobile learning yaitu
dengan nilai rata-rata dari kedua ahli sebesar 93,22% dalam kriteria valid dengan kategori sangat valid. Yang kedua adalah nilai kepraktisan, dilihat dari angket yang diisi guru dan seluruh siswa yang diakumulasi sehingga dengan perolehan sebesar 96,66% dengan kriteria sangat praktis. Selanjutnya keefektifan, dilihat dari nilai nilai hasil pengerjaan soal evaluasi siswa yang dihitung dengan rumus skor rata�rata dan dipersentasekan dengan keseluruhan nilai siswa sehingga diperoleh nilai sebesar 63% dan tergolong efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Media Pembelajaran Pembelajaran Menggunakan Thunkable Berbasis Mobile Learning Dalam Materi Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia kelas XI SMA Negeri 1 Matan Hilir Utara Kabupaten Ketapang layak digunakan.

Kata Kunci: Pembelajaran Menggunakan Thunkable, Berbasis Mobile Learning, Hasil belajar, Sebaran dan Pengelolaan SDA Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 01 Mar 2023 08:48
Last Modified: 01 Mar 2023 08:48
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1453

Actions (login required)

View Item
View Item