PATRISIA, WINDA (2023) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEPTUAL MATEMATIS SISWA PADA MATERI IRISAN DAN GABUNGAN HIMPUNAN DI KELAS VII SMP NEGERI 5 PUTUSSIBAU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (441kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (497kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (473kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (589kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (285kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (305kB)
Abstract
Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk memperole informasi mengenai pemahaman konseptual matematis siswa pada materi irisan dan gabungan himpunan pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Putussibau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII C SMP Negeri 5 Putussibau. Objek penelitian berjumlah 30 siswa kelas VII C SMP Negeri 5 Putussibau. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal tes pemahaman konseptual matematis dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif. Teknik keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi metode melalui pengecekan sumber data. Berdasarkan hasil penelitian rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 59,89. 1) Pemahaman konseptual matematis siswa pada indikator menjelaskan kembali suatu konsep dengan presentase 55% termasuk dalam kategori rendah. 2) Pemahaman
konseptual matematis siswa pada indikator mengelompokan objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya dengan presentase 60% termasuk dalam kategori sedang. 3) Pemahaman konseptual matematis siswa pada indikator memberi contoh dan non contoh dari suatu konsep dengan presentase 86% termasuk dalam kategori sangat tinggi. 4) Pemahaman konseptual matematis siswa pada indikator menyajikan konsep
dalam berbagai macam bentuk representasi matematis(tabel, grafik, diagram, gambar, sketsa, model matematika, atau cara lainnya) dengan persentase 50% termasuk dalam kategori rendah. 5) Pemahaman konseptual matematis siswa pada indikator mengaplikasikan konsep atau algoritma ke pemecahan masalah dengan persentase 66% termasuk dalam kategori sedang.
Kata Kunci: pemahaman konseptual matematis, irisan dan gabungan himpunan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 05:19 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 05:19 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1425 |