Search for collections on digilib

ANALISIS KENDALA YANG DIHADAPI GURU DALAM PEMBELAJARAN IPS DIKELAS VIII SENI 1 MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 PONTIANAK

SRI, KURNIAWATI (2023) ANALISIS KENDALA YANG DIHADAPI GURU DALAM PEMBELAJARAN IPS DIKELAS VIII SENI 1 MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (283kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Kendala yang dihadapi Guru dalam Pembelajaran IPS di kelas VIII Seni 1 Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pontianak”. Secara umum tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh informasi yang objektif mengenai “Analisis Kendala Yang Dihadapi Guru Dalam
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah 2 Pontianak”. Adapun yang melatar belakangi peneliti mengambil judul ini adalah peneliti tertarik untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi guru dalam
pembelajaran IPS. Tempat penelitian adalah Madrasah Tsanawiyah 2 Pontianak.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPS dan siswa VIII Seni 1 Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pontianak. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik komunikasi langsung, teknik observasi langsung, teknik dokumentasi, dengan alat pengumpul data berupa panduan wawancara, panduan observasi, dan dokumentasi. Analisis penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi sebagai teknik pemeriksa keabsahan data.
Dari hasil penelitian ini, maka secara umum dapat ditarik kesimpulan Analisis Kendala yang dihadapi Guru dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dikelas VIII Seni 1 Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pontianak berikut: 1) Proses pembelajaran IPS di kelas VIII Seni 1 Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pontianak, sudah telaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari siswa dapat menerima penjelasan materi pembelajaran IPS dengan baik dari guru yang kompeten dalam mengajar di kelas, siswa juga mampu memahami materi yang
disampaikan dengan menarik kesimpulan materi dan mampu mengerjakan tuga yang guru berikan. 2) Kendala guru dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas VIII Seni 1 Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pontianak yaitu persediaan
proyektor yang terbatas, dan siswa yang kurang fokus ketika guru sedang menyampaikan materi IPS. 3) Upaya guru untuk mengatasi kendala dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas VIII Seni 1 Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pontianak yaitu dengan cara membuat metode pembelajaran yang lebih
menarik di kelas seperti menerapkan metode pembelajaran diskusi, metode tanya jawab. Guru juga lebih mengenal karakter siswa dan mampu mengelola kelas sehingga kelas menjadi lebih kondusif ketika pembelajaran di kelas sedang
berlangsung.

Kata Kunci: Kendala, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 22 Feb 2023 08:12
Last Modified: 22 Feb 2023 08:12
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1415

Actions (login required)

View Item
View Item