Search for collections on digilib

PENGARUH INQUIRY BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN PAKU KELAS X DI SMAN 1 SENGAH TEMILA

BRIGITA, ANDAWA SARI (2023) PENGARUH INQUIRY BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN PAKU KELAS X DI SMAN 1 SENGAH TEMILA. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (10kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (105kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (346kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf - Published Version

Download (267kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf - Published Version

Download (14kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (142kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep biologi siswa. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Sengah Temila dengan siswa kelas X sebagai sampel.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental design dengan rancangan penelitian non-equivalent control group design posttest only. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random
sampling. Sampel penelitian siswa kelas X IPA A sebagai kelas eksperimen dan X IPA D sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan pemahaman konsep biologi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 74,14 dan kelas kontrol sebesar 59,46. Hasil uji t polled varians menunjukkan bahwa thitung sebesar 4,574 lebih besar dari ttabel yaitu 2,001 dengan taraf signifikansi 5%, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemahaman konsep biologi siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran inquiry based learning dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: Inquiry Based Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Biologi Siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 26 Jan 2023 09:09
Last Modified: 26 Jan 2023 09:09
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1384

Actions (login required)

View Item
View Item