NANA, NANA (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI TEKNIK BUZZ GROUP SISWA KELAS IX B SMP NEGERI 1 TEBAS KABUPATEN SAMBAS. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (64kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (110kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (207kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (160kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (184kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (70kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (85kB)
Abstract
Penelitian ini berjudul Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen melalui teknik Buzz Group Siswa Kelas IX B SMP Negeri 1 Tebas Kabupaten Sambas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen melalui teknik Buzz Group Siswa Kelas IX B SMP Negeri 1 Tebas Kabupaten Sambas. Sub-sub masalah antara lain: 1) Bagimanakah pelaksanaan proses pembelajaran teknik Buzz Group Siswa Kelas IX B SMP Negeri 1 Tebas Kabupaten Sambas? 2) Bagaimanakah keterampilan menulis cerpen melalui teknik Buzz Group Siswa Kelas IX B SMP Negeri 1 Tebas Kabupaten Sambas? 3) Apakah terdapat peningkatan keterampilan menulis cerpen melalui teknik Buzz Group Siswa Kelas IX B SMP Negeri 1 Tebas Kabupaten Sambas?
Penelitian ini menggunakan metode Tindakan, dengan bentuk penelitian partisipatif dan kolaboratif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran, teknik observasi langsug dan teknik studi dokumenter. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes, panduan observasi dokumentasi.
Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif menggunakan statistik dengan analisis deskriptif komparatif, yaitu membandingkan nilai tes kondisi awal atau pra tindakan, nilai tes setelah siklus 1, nilai tes setelah siklus 2 dan seterusnya. Sedangkan data kualitatif hasil observasi menggunakan analisis deskriptif kualitatif dari pelaksanaan teknik Buzz Group.
Hasil penelitian yang telah dilakukan dan melalui hasil yang diperoleh setelah diadakan analisis data, pelaksanaan teknik Buzz Group terjadi dengan sangat baik. Hasil pengolahan data diperoleh nilai rata-rata nilai siswa pada saat pra siklus adalah 63,82 dengan ketuntasan 32,35%., kemudian dilakukan siklus I diperoleh rata-rata 74,71 dengan ketuntasan sebesar 64,70%, kemudian dilakukan siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa yaitu 80,88 dengan ketuntasan 82,35% dinyatakan berhasil.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan keterampilan menulis cerpen melalui teknik Buzz Group Siswa Kelas IX B SMP Negeri 1 Tebas Kabupaten Sambas. Peningkatan ini dapat dilihat dari perbandingan nilai, rata-rata nilai siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Hasil tersebut secara keseluruhan dinyatakan berhasil.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 08:34 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 08:34 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1363 |