RANI, MARJANA (2022) ANALISIS GAYA BAHASA DALAM SLOGAN IKLAN MINUMAN DI YOUTUBE. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (88kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (173kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (383kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (188kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (278kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (157kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (218kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan Mendeskripsikan Gaya Bahasa yang terdapat pada slogan iklan minuman di Youtube. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kata, kalimat dan kutipan yang mengandung gaya bahasa perbandingan, gaya bahasa pertentangan, gaya bahasa pertautan dan gaya bahasa perulangan yang terdapat pada slogan iklan minuman di Youtube. Pada penelitian ini menggunakan teknik studi dokumenter dan teknik simak catat.alat pengumpul data yang digunakan adalah human instrument dan kartu pencatat data. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis isi. Adapun dari hasil analisis gaya bahasa yang peneliti temukan, dapat disimpulkan sebagai berikut: gaya bahasa perbandingan yang terdiri dari metafora, personifikasi dan pleonasme. Gaya bahasa pertentangan yaitu hiperbola. Gaya bahasa pertautan yaitu elipsis, erotesis dan sinekdoke. Gaya bahasa perulangan yaitu gaya bahasa asonansi, epistrofa, antanaklasis dan anofora.
Kata Kunci: Stilisika, Gaya Bahasa, Slogan, Iklan, Youtube
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 16 Dec 2022 07:23 |
Last Modified: | 16 Dec 2022 07:23 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1335 |