ANDRIANATA, DESI (2022) PENGGUNAAN MEDIA FILM PENDEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMA MANIAMAS NGABANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (148kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (238kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (231kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (322kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (396kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB)
05. DAFTAR PUSTAKA (2.2).pdf - Published Version
Download (215kB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Penggunaan Media Film Pendek Untuk
Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas XI SMA Maniamas Ngabang” Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk penelitian tindakan kelas dengan rancangan yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas XI di SMA Maniamas Ngabang yang berjumlah 32 orang siswa. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, teknik pengukuran dan teknik studi dokumentasi. Adapun alat pengumpul data pada penelitian ini adalah lembar observasi, pedoman wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan teknik deskriptif komparatif (statistik deskriptif komparatif) dan teknik analisis kritis.
Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dengan penerapan media film pendek pada keterampilan menulis cerpen di kelas XI SMA Maniamas Ngabang mengalami peningkatan; 2) Aktivitas siswa dengan penerapan media film pendek sebagian besar mengalami
peningkatan pada siklus II yang termasuk kategori sangat tinggi terutama pada kegiatan mengajukan pertanyaan mengenai materi yang dipelajari dan partisipasi selama proses pembelajaran berlangsung; 3) Penggunaan media film pendek dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen pada siswa Kelas XI SMA Maniamas Ngabang dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa dalam menulis cerpen pada dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil tes keterampilan menulis cerpen yang telah dilakukan, terdapat peningkatan keterampilan menulis cerpen setelah diterapkan media film pendek di kelas XI SMA Maniamas Ngabang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 16 Dec 2022 07:22 |
Last Modified: | 16 Dec 2022 07:22 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1323 |